Surat Suara Pillkada NTB Didistribusikan ke Kabupaten/Kota

Mataram (Suara NTB) – KPU Provinsi NTB telah mulai mendistribusikan surat suara untuk pemilihan Cagub/Cawagub NTB 2018, dimulai sejak Kamis, 24 Mei ke kabupaten/kota. Pendistribusian surat suara tersebut dibarengi dengan kebutuhan logistik lainnya.

Demikian disampaikan Sekretaris KPU NTB, Mars Ansori Wijaya, kepada Suara NTB, Rabu, 23 Mei 2018. “Hari ini kami mengirimkan logistik ke kabupaten/kota se Pulau Lombok. Untuk Surat Suara akan mulai didistribusi besok pagi (hari ini) jelas Mars Ansori.

Iklan

Lebih lanjut disampaikan oleh Mars Ansori, bahwa distribusi surat suara akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama akan didistribusikan ke tiga daerah dulu dan akan tuntas sampai tanggal 3 Juni mendatang.

“Iya didistribusikan bertahap dulu sampai tuntas tanggal 3 Juni dari Temprina (percetakan) menuju Kota Mataram,  KLU dan Kota Bima dulu besok (hari ini),”  katanya.

Ketika ditanya lebih lanjut, mengapa surat suara harus didistribusikan secara bertahap, tidak serentak? Mars Ansori menjelaskan bahwa ada kendala teknis di percetakan yang tidak memungkinkan untuk mendistribusikan surat suara secara serentak.

“Sebenarnya kami sudah minta agar distribusi dilaksanakan serentak. Tetapi Temprina (percetakan) beralasan karena gudang mereka kepenuhan, sehingga harus didistribusi sebagian-sebagian. Intinya Surat Suara Pilgub NTB tuntas paling lambat tanggal 3 Juni,” jelasnya.

Selain itu, Mars Ansori juga membeberkan bahwa pengangkutan logistik Pilkada NTB dari  tempat percetakan (Bali), dilakukan lewat jalur transportasi laut. Hal itu dilakukan karena penerbangan lewat pesawat sudah penuh semua.

“Petugas dari Polda sudah kita berangkatkan pukul 15.30 wita tadi menuju Bali menggunakan fastboat dari Senggigi,  karena semua penerbangan penuh menuju Bali sehingga lewat laut. Insya Allah akan tuntas karena kita berikan masa kerja produksi Surat Suara oleh Temprina selama 20 hari dan akan berakhir tanggal 3 Juni 2018,” pungkasnya. (ndi)