Surat Diduga Bodong Berkedok Bantuan Hibah Beredar di Bima

Bima (Suara NTB) – Sejumlah Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Bima dikejutkan surat berkop Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dengan perihal program bantuan pembangunan atau Rehablitasi lapangan olahraga Desa tahun 2017.

Surat yang ditujukan kepada Kepala desa tersebut, ditandatangani Deputi Bidang peningkatan Prestasi Olahraga, Drs. Dewa Broto, MBA, lengkap dengan stempel atau cap basah.

Iklan

Isi dalam surat tersebut, desa yang menerima bantuan akan diberikan sebanyak Rp 250 juta. Untuk membangun atau merehablitasi sarana dan prasarana olahraga di Desa. Sumber dana ini berasal dari hibah Kemenpora tahun 2017.

Dana tersebut akan dicairkan langsung ke rekening Pemdes tanpa perantara dan pemotongan. Hanya saja, Kepala Desa menindaklanjutinya dengan menghubungi Kepala Seksi Pengembangan Bidang peningkatan Prestasi Kemenpora, Drs, Abdullah Satar, via telepon yang juga tertera dalam surat.

Kepala BPMD Kabupaten Bima, Drs. Andi Sirajuddin, M.Ap dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 15 Februari 2017, mengakui adanya surat tersebut. Pihaknya tengah menindaklanjuti apakah surat tersebut asli dikeluarkan pihak terkait atau bodong.

“Memang ada suratnya ditujukan langsung ke desa. Bukti fisiknya sudah kami kantongi, Sejak Selasa, 14 Februari kemarin,” katanya.

Diakuinya, hingga saat ini desa yang telah menerima surat tersebut antara lain, desa Lere dan Kuta Kecamatan Parado. Bahkan puluhan desa yang berada di pelosok dan terpencil Kabupaten Bima, juga melaporkan menerima surat yang sama.

“Kami menduga titik penyebaran surat-surat ini sangat rawan menyasar desa pelosok atau terpencil,” katanya.

Andi meminta sekaligus menghimbau Pemdes atau Kades yang menerima surat serupa tersebut, dapat melaporkan kepada pihaknya. Dengan menyetakan bukti fisik surat agar diproses dan tindaklanjuti bahkan sampai ke ranah hukum.

“Hanya saja, sejauh ini keabsahan surat ini, masih kami telusuri lebih dalam,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here