Sunny Rizky Suhendra; Pertama Kali Masuk Timnas

Mataram (suarantb.com) – Pemain ketiga Vamos Mataram yang terpilih mengisi skuad Timnas Futsal Indonesia adalah Sunny Rizky Suhendra. Ini merupakan pengalaman pertama Sunny bermain untuk tim sekelas timnas. Ini adalah kebanggaan tersendiri bagi atlet berusia 23 tahun ini.

“Tahun ini pertama kalinya saya terpilih main di timnas. Rasanya ya senang sekali, ada kebanggaan tersendiri saat saya dipanggil seleknas (seleksi nasional). Dan tidak menyangka bisa terpilih jadi skuad timnas yang sekarang,” tuturnya bersemangat.

Iklan

Sunny terpilih mengikuti seleknas atas rekomendasi pelatih.

“Pelatih yang melatih di liga kemarin merekomendasikan pemain yang akan ikut seleksi,” ujarnya. Setelah menerima rekomendasi pemain tersebut, seleksi selanjutnya dilakukan oleh staf pelatih timnas yang diikuti 33 orang. Akhirnya terpilih 16 orang, salah satunya Sunny.

Ia menceritakan awal perkenalannya dengan olahraga ini yang dimulai sejak ia duduk di bangku SMP. “Di SMP saya waktu itu tidak ada ekskul futsal, cuma ada ekskul sepak bola. Kebetulan waktu itu ada event futsal, saya dan teman-teman coba ikut. Jadinya dari pemain sepak bola pindah ke futsal. Walaupun kami tidak paham aturannya, tetap ikut saja,” ceritanya.

Minimnya pengetahuan timnya tentang futsal membuatnya selalu kalah dalam setiap kompetisi antar SMP. “Kami tidak pernah menang, paling hanya sampai final,” kenang Sunny.

Memasuki SMA, ia makin aktif bermain futsal. Tim futsal sekolahnya pun aktif mengikuti kompetisi. “Kami sering ikut pertandingan, bahkan sampai ke luar kota,” ujar atlet kelahiran Bogor, 11 Juli 1993 ini.

Sunny semakin serius menekuni futsal mulai 2011 saat tergabung dengan klub amatir AMFC Jakarta. Lepas dari AMFC, ia fokus bermain untuk tim kampusnya. Kemudian pada 2015 masuk klub Pinky Boys Makassar. Akhir 2015 hingga sekarang ia bermain untuk  Vamos Mataram.

Beberapa turnamen yang telah diikuti Sunny, diantaranya Pekan Olahraga Kota Depok 2012 antar kecamatan se-Kota Depok meraih emas, PORDA 2014 dapat perunggu, POM ASEAN 2014 dapat perak, Liga 2015 bersama Pinky Boys juara dua dan Liga 2016 bersama Vamos Mataram juara dua.

Bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan RI 71, Sunny berharap futsal di Indonesia semakin baik. Sehingga bisa berprestasi di tingkat Asia, hingga dunia.

“Seorang atlet juga kan sama saja seperti seorang pahlawan. Kami sebenarnya pejuang juga buat Indonesia, tentaranya Indonesia di bidang olahraga. Karena kami berjuang mengharumkan nama bangsa lewat prestasi,” ungkapnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here