Sungai Meluap Penyebab Banjir di Mataram

Mataram (suarantb.com) – Genangan air yang cukup parah melanda Kota Mataram pada Rabu, 14 Desember 2016 merendam belasan kelurahan. Bahkan penduduk di dua kelurahan yang mengalami genangan terparah sempat diungsikan karena rumah-rumah penduduk di kelurahan tersebut tidak dapat ditempati sebelum air surut. Dua kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Babakan dan Kekalik Jaya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Dedi Supriadi, banjir disebabkan air sungai yang meluap. Dua kelurahan tersebut ialah wilayah yang dilalui aliran sungai, yaitu Sungai Unus (Babakan) dan Sungai Ancar (Kekalik Jaya). Penduduk yang sempat diungsikan telah dapat kembali ke rumah masing-masing pada Kamis pagi, 15 Desember 2016.

Iklan

Dedi mengatakan banjir akibat luapan air sungai tersebut hanya bersifat sementara. Setelah air surut warga dapat kembali beraktivitas dengan normal. Sementara ini, total kerugian yang diakibatkan oleh banjir belum dapat dipastikan. BPBD Kota Mataram masih menunggu laporan dari para lurah untuk memetakan total kerugian yang dialami. Pendataan juga akan dilakukan bersama kelurahan.

“Kita sudah bertemu dengan Wakil Walikota Mataram, dan sekarang segera turun ke lapangan untuk melakukan pendataan,” ungkapnya.
Bantuan yang diberikan BPBD Kota Mataram bersama SKPD-SKPD terkait lainnya kepada masyarakat, masih berupa bantuan insidentil seperti makanan siap saji dan selimut untuk para pengungsi. Sementara untuk antisipasi lanjutan, BPBD Kota Mataram siaga dari segi logistik, serta persiapan evakuasi. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here