Kasus Balai Nikah Pejabat Kemenag Sumbawa Jadi Tersangka Baru

0
16
Kajari Sumbawa, Iwan Setiawan didampingi para Kasi saat melakukan jumpa pers di kantor kejaksaan setempat, Jumat, 20 Maret 2020. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB)– Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa kembali menetapkan tersangka baru dalam kasus Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Labangka tahun 2018. Setelah pelaksana proyek berinisial JS dan PPK berinisial MF, giliran pejabat Kemenag Sumbawa berinisial HMF menjadi tersangka.

Kajari Sumbawa, Iwan Setiawan, SH, M.Hum yang didampingi para Kasi dalam jumpa persnya, Jumat, 20 Maret 2020 menyebutkan, HMF merupakan Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (PPSPM) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbawa. Yang bersangkutan memiliki kewajiban dan kewenangan melakukan pencairan keuangan.

Selain itu juga melakukan verifikasi dokumen sebelum pencairan. Namun  tanpa dokumen pendukung, pencairan tetap dilakukan. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kerugian negara. Dalam waktu dekat, pihaknya akan memanggil HMF untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka.

“Sebetulnya ini sudah bisa kita naikkan sebelumnya. Namun perlu waktu, sehingga baru bisa kita menetapkan sekarang. Hari ini kita tetapkan sebagai tersangka,” ujarnya.

Dijelaskannya, penanganan kasus ini dilakukan secara simultan. Karena pekerjaannya cukup berat dan memerlukan bukti yang kuat. Sehingga untuk melakukan pengungkapan memerlukan waktu yang cukup panjang. Adapun setelah penetapan tersangka baru ini, pihaknya juga akan terus melakukan pendalaman terhadap kemungkinan adanya tersangka lain. Karena tindak pidana korupsi ini harus dituntaskan dari hulu ke hilir.

Dalam hal ini pihaknya sudah mengindikasikan ada beberapa orang yang bermain dalam proyek ini. Baik dari pihak ASN Kemenag maupun pihak swasta. “Swasta ada beberapa orang yang bermain, dan di ASN juga ada beberapa hal yang punya keterlibatan. Ini perlu kita dalami terkait kekuatan bukti untuk dijadikan suatu perkara,” tukasnya. (ind)

  Syahra, Bocah yang Lahir Tanpa Lubang Anus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + twelve =