Satu PDP Dirawat di RSMA

0
25
Ilustrasi virus corona. (Sumber Foto: Pixabay)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, H. Didi Darsani, menyebutkan saat ini, ada satu orang pasien berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tengah dirawat di Rumah Sakit H. L. Manambai Abdulkadir (RSMA) sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien suspect Corona di Sumbawa.

“Sekarang tengah dirawat di RSMA. Nanti malam (Rabu malam,red) dikirim sampelnya (specimen swap tenggorokan) untuk diperiksa di Laboratorium Surabaya. Riwayat perjalanannya, pasien pulang umrah sekitar awal bulan Maret ini,” sebut H. Didi saat dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 18 Maret 2020, seraya berharap sampel yang dikirimkan lab Surabaya, hasilnya negatif Corona.

Rilis dari Dinas Kominfotik Sumbawa, seperti data dari Dikes Sumbawa sejauh ini, ada 47 orang dalam status Orang Dalam Pengawasan (ODP) terkait virus Corona di Sumbawa. Ditambah satu orang status PDP yang kini dirawat di ruang isolasi RSMA. Sebelumnya, Selasa 17 Maret, ODP sebanyak 40 orang. Enam orang yang bertambah pada Rabu ini, adalah TKI asal Sumbawa yang baru pulang dari dari Malaysia, Dubai, Taiwan, dan Oman.

Dikes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Rabu kemarin juga melakukan penyemprotan disinfektan di Mesjid Agung Nurul Huda. Kadis Dikes berharap semua pihak berkolaborasi dalam mencegah dan mengantispasi virus Corona.

Dalam website covid19.sumbawakab.go.id, dijelaskan ODP orang dengan gejala demam diatas 38 derajat Celcius atau ada riwayat demam atau ISPA tanpa pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari sebelum timbul gejala.

Sedangkan PDP orang yang mengalami demam di atas 38 derajat celcius/riwayat demam, ISPA dan pneumonia ringan hingga berat serta memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit atau kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam 14 hari terakhir. (arn)

  Pimpinan dan Pegawai BPR Sumbawa Jadi Calon Tersangka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + 19 =