Galakkan Sinergisitas Tangani Persoalan Sampah di Sumbawa

0
2
Ilustrasi sampah (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Penanganan sampah di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2020 lebih ditingkatkan.  Terutama menggalakkan sinergisitas semua pihak untuk ikut berperan serta. Sesuai dengan tema HUT Sumbawa ke 61 “Berani Itu Hebat”, Pemkab setempat juga sudah mencanangkan program “Ingo Roro, Kokat”.

Adanya instruksi serta imbauan ini, diharapkan seluruh unsur pemerintah termasuk non pemerintah untuk dapat bergerak bersama. Di samping juga dari upaya pengadaan TPS tiga roda di masing-masing kelurahan.

‘’Itu yang kita lakukan saat ini, biar kita gerakkan. Maka baik lembaga swasta, pemerintah dan seluruh unsur agar dapat melaksanakan semua imbauan itu sesuai dengan posisi. Karena tanpa kebersamaan dan  sinergitas seluruh lapisan masyarakat, tidak bisa kita wujudkan Sumbawa bebas sampah,’’ kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris, S.Sos baru-baru ini.

Sinergisitas seluruh pihak, kata Haris, harus digerakkan. Apalagi sekarang ini sudah dilaunching gerakan “Ingo Roro, Kokat” yang bermakna pungut sampah dan buang pada tempatnya. Gerakan ini merupakan salah satu ikhtiar bersama masyarakat Sumbawa untuk mendukung program NTB Zero Waste atau NTB Bebas Sampah. “Sinergisitas, seluruhnya harus bergerak. Dan sudah dinyatakan “Ingo Roro Kokat”, akan digalakkan apakah setiap hari atau satu minggu di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (ind)

  Dugaan Penyalahgunaan Roda Tiga, Lurah dan Camat Dianggap Lalai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here