Beranda Headline Bupati Sumbawa Dukung Penuh ‘’NTB Zero Waste’’

Bupati Sumbawa Dukung Penuh ‘’NTB Zero Waste’’

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril (Suara NTB/arn)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril B.Sc, terus menggalakkan gotong royong bersih sampah dan menggerakkan pengelolaan sampah secara efektif. Tidak hanya itu, Bupati Sumbawa bahkan siap memberikan dukungan anggaran.

Langkah ini, sebagai wujud dukungan penuh Bupati Sumbawa pada  NTB Zero Waste ( NTB bebas sampah). ‘’Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, kami (jajaran Pemkab Sumbawa) ramai-ramai juga gotong royong membersihkan sampah di sejumlah titik,’’ ujar bupati.

Semangat PNS perangkat OPD luar biasa. ‘’Dan kami sudah berupaya menginstruksikan agar kegiatan gotong royong ini di lapangan tetap terjaga dan dilakukan secara rutin. Sekaligus mengajarkan dan memberi contoh kepada masyarakat. Dengan harapan ke depan, masyarakat jauh lebih sadar,’’ tambahnya.

Menurut bupati, masalah sampah ini harus segera diselesaikan. Makanya penting mengunggah semangat masyarakat Sumbawa di setiap lokasi tempat tinggalnya. Kalau semua masyarakat sudah bergerak dari lingkup RT, RW turun ke lapangan, maka bisa dilihat bagaimana bersihnya Sumbawa.

‘’Sebenarnya masalah sampah ini tidaklah terlalu besar. Hanya kepedulian yang kurang. Maka semangatnya perlu kita gugah. Kalau masyarakat tidak punya semangat dan rasa peduli, maka tetap saja sampah menumpuk dan itu yang ingin saya hindari,’’ ujarnya.

Bupati bersama Wakil Bupati Sumbawa bersama para Asisten dan pun terus berpikir dan berdiskusi bagaimana langkah jitu dan efektif dalam menyikapi masalah sampah ini. Agar Sumbawa bisa menjadi daerah bebas sampah. Salah satunya, dengan memperbanyak Bank Sampah. Selain pemerintah terus hadir dalam setiap upaya penanganan sampah di daerah ini.

‘’Armada terkait penanganan sampah harus disiapkan. Kita siapkan anggaran. Saya juga sudah perintahkan untuk menambah container sampah,’’ tegas H. Husni.

  Penataan Kawasan Bisnis Cakranegara Dilanjutkan

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Tajuddin S.H, menambahkan, Bupati langsung mengontrol kegiatan gotong royong aparatur daerah. Kegiatan gotong royong ini rencanya dilakukan setiap minggu. Apalagi Sumbawa sudah mencanangkan gerakan gotong royong 60 menit setiap minggu. Sekaligus dukungan terhadap program NTB Zero Waste. ‘’Kegiatan gotong royong bersihkan sampah ini akan terus kita lakukan,’’tegasnya. (arn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here