Pelamar CPNS Tidak Lagi Serahkan Berkas Fisik

Pegawai BKPSDM Kota Mataram mengumpulkan berkas 262 CPNS yang telah diverifikasi, Kamis, 17 Januari 2019. (Suara NTB/cem)

Advertisement

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rencananya dibuka pada 11 November 2019 mendatang . Dalam mendaftar, pelamar tidak lagi harus mengantarkan berkas fisik melalui Pos. Tetapi mengunggah langsung berkas secara daring.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur, Budi Sastrawan, S.IP., M.Si mengakui pelamar tidak lagi menyerahkan berkas fisik. Hal ini juga menjadi kesepakatan bersama saat pelaksanaan rapat koordinasi (rakor) di BKD Provinsi beberapa waktu lalu.

“Pada intinya sama. Cuma sekarang tidak ada pengiriman berkas fisik, semua di-upload. Memang kesepakatan bersama kita rakor di BKD Provinsi, semua kabupaten/kota dengan provinsi itu sepakat untuk tidak menyertakan bukti fisik,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam pendaftaran CPNS tahun 2018 lalu ada dilakukan verifikasi berkas fisik terlebih dahulu. Setelah itu baru diupload secara daring. Tetapi sekarang ini langsung diupload secara online. Tanpa harus mengirimkan berkas fisik melalui POS.

“Dulu kan ada verifikasi berkas  fisik dulu baru ke online. Sekarang tetap dua kali, cuma sama-sama online. Tapi kita tidak lagi menggunakan jasa POS,” terangnya.

Proses yang dilakukan sekarang ini, kata Budi, lebih terkontrol. Karena sebelumnya, berkas fisik yang dikirimkan bisa saja tercecer sehingga tidak sampai tujuan. “Sekarang lebih terkontrol. Kalau dulu, berkas yang banyak bisa saja tercecer,” jelasnya.

Tentunya, pihaknya berharap kepada pelamar agar lebih cermat dalam mengupload berkas. Karena pelamar harus memindai dan mengunggah sendiri berkasnya secara daring melalui aplikasi. “Makanya kuncinya di pelamar sendiri. Jadi dia harus betul-betul cermat, jangan  sampai yang di-upload itu yang fotokopian. Harus yang asli,” tukasnya.

Rencananya, pendaftaran akan dilakukan pada 11 November mendatang. Pihaknya juga akan mengunggah persyaratan nantinya melalui laman resmi, termasuk mengumumkan melalui media cetak. (ind)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.