12.700 Ton Beras Sumbawa Dikirim ke NTT

Ilustrasi beras (suarantb.com/ist)

Advertisement

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sebanyak 12.700 ton beras Sumbawa dikirim ke beberapa wilayah di Provinsi NTT. Pengiriman beras atau movenas ini dilakukan secara bertahap di tahun 2019 ini.

Hal ini dibenarkan Kepala Perum Bulog Subdivre Sumbawa, Heri Sulistiyo. Tahun ini, tahap pertama sudah dilakukan pengiriman  sebanyak 7.000 ton ke beberapa wilayah di NTT. Saat ini, sedang berlangsung pengiriman tahap kedua sebanyak 5.700 ton. Dari jumlah tersebut, tersisa sekitar 3.500 ton yang akan diselesaikan hingga akhir tahun.

‘’Tahun ini tahap pertama  sudah 7.000 ton di kirim ke beberapa wilayah di NTT. Sekarang tahap kedua 5.700 ton sedang proses. Dari jumlah itu masih tersisa sekitar 3.500 ton yang harus kita selesaikan sampai akhir tahun ini,’’ ujarnya.

Beras yang dikirim ini, kata Heri, diambil dari empat gudang yang ada yakni di Lopok, Labuhan, Alas dan Lamusung, KSB. Di mana saat ini stok yang tersedia di gudang diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan hingga beberapa tahun ke depan. ‘’Kita ambil dari stok di empat gudang yakni Lopok, Labuhan, Alas, sama Lamusung KSB. Cukup stok kita hingga 2020. Bahkan 2021 masih cukup stok kita. Karena kita surplus, kita gunakan  untuk suplay ke daerah lain,’’ terangnya.

Pihaknya melakukan pengiriman beras ke luar daerah sebagai salah satu strategi untuk menyediakan ruang penyimpanan dalam rangka persiapan pengadaan beras tahun 2020 mendatang. Kemudian juga  sebagai upaya untuk memperbarui stok yang supaya tetap fresh.

‘’Ini salah satu strategi kita untuk persiapan pengadaan tahun depan. Supaya tersedia space gudang penyimpanan kita. Karena saat ini masih cukup banyak stok di gudang kita. Itu juga salah satu upaya kita memperbarui stok,’’ tandasnya. (ind)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.