Dilantik Sebagai Sekda, Hasan Basri Pasang Target

Hasan Basri saat dilantik sebagai Sekda Sumbawa oleh Bupati Sumbawa H. Husni Djibril. (Suara NTB/arn)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – H. Hasan Basri, M.M., telah dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa definitif oleh Bupati Sumbawa H. Husni Djibril, BSc, pada pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan tinggi pratama dan administrasi, Rabu, 28 Agustus 2019.

Mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbawa ini pun memasang sejumlah target. Mengoptimalkan tugasnya dalam membantu Bupati dan Wakil Bupati mewujudkan visi dan misinya.

Untuk itu, kata H. Bas, panggilan akrabnya, Sekda harus bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh OPD dalam rangka mendukung visi-misi pemerintah daerah. Selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Sekda juga harus mampu mengoptimalkan potensi daerah dalam rangka peningkatan PAD. Sekaligus berupaya melakukan efisensi dan efektivitas pembelajaan daerah. “Sehingga ketika PAD sudah bagus dan maksimal tentu belanjanya juga harus dilihat. Itulah bersinergi dengan semua pihak bagaimana PAD itu bisa meningkat dan bagaimana belanjanya itu efisien dan efektif,” terangnya.

Baca juga:  Sejumlah OPD di Kota Mataram akan Dirombak

Menurutnya, ukuran efisiensi dan efektivitas belanja itu bisa dilihat dari Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). Penilaian LAKIP Pemkab Sumbawa sekarang ini masih B. Hal ini menunjukkan baru sekitar sekitar 70 persen tingkat efiseensi belanja daerah. Sebagai sekda baru, ke depan Ia menargetkan penilaian LAKIP Sumbawa minimal BB. “Harus bisa BB minimal kita raih. Ketika sudah efektif dan efisien, maka LAKIP nilainya A. Itu yang ke depan kita kejar. Di samping mempertahankan opini WTP dari BPK, laporan akuntabilitas kinerjanya juga harus bagus,” sebut H. Bas.

Tugas lainnya sebagai Sekda juga akan dioptimalkannya, seperti melakukan pengawasan terhadap seluruh program pembangunan dalam memastikan pemerintahan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terutama dalam pembangunan fisik dapat meningkat, baik dari sisi kuantias maupun kualitas. Di samping itu juga, pelayanan kepada masyarakat yang diharapkan jauh lebih bagus.

Baca juga:  Dua Pelamar Calon Sekda NTB Terancam Gugur

Dari sisi pembinaan kepegawaian, Sekda akan terus berupaya meningkatkan kedisiplinan PNS. Kinerja PNS juga diharapkan terus membaik, yang akan menjadi daya ukur tunjangan kinerja yang akan diberikan.

Terakhir tentunya, Sekda akan membantu Bupati dan Wakil Bupati berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Dalam rangka mendukung capaian program. Diketahui H. Hasan Basri merupakan ASN senior di lingkungan Pemkab Sumbawa. Selama berkarier di birokrasi, cukup banyak jabatan penting dan strategis yang pernah diembannya. Seperti jabatan Kepala Dinas Dikbud Sumbawa, Kepala BKPP, Inspektur di Inspektorat Daerah dan lainya hingga terakhir sebagai Kepala Bapenda sebelum akhirnya kini dilantik Bupati untuk menempati posisi puncak di birokrasi sebagai Sekda Sumbawa. (arn/*)