Anggota DPRD Sumbawa Masa Jabatan 2019-2024 Dilantik

Peresmian dan Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Sumbawa yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Periode 2019-2024 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa, Senin (26/8). Menindaklanjuti Surat Keputusan Gubernur NTB Nomor 171.2-612 tahun 2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Sumbawa masa jabatan 2019-2024.

Ketua DPRD Sumbawa, H. L. Budi Suryata SP, selaku pimpinan Rapat Paripurna menyampaikan rapat paripurna ini adalah rapat paripurna terakhir dalam masa tugas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sumbawa masa jabatan 2014-2019. Untuk itu, Budi atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Sumbawa menyampaikan permohonan maaf jika selama pelaksanaan tugas sebagai wakil rakyat terdapat banyak kesalahan dan kekhilafan.

“Kami menyadari perbedaan pendapat, pandangan yang selama ini berkembang baik dalam forum-forum pembahasan bersama legislatif dan eksekutif. Marilah kita pahami perbedaan tersebut sebagai wujud dinamika serta dialektika demokrasi yang sepenuhnya dihajatkan untuk kepentingan rakyat,” terangnya.

Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa beserta seluruh jajarannya, anggota Forkopimda beserta Ketua PN Sumbawa atas kerjasamanya selama ini. Serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Sumbawa atas dedikasinya dan kerjasamanya selama lima tahun terakhir.

Pelantikan saat ini menjadi sangat penting untuk Tau dan Tana Samawa lima tahun mendatang. Mengingat fungsi dan kewenangan DPRD yang semakin luas dan signifikan, menjadikan DPRD sebagai institusi yang menentukan corak pembangunan daerah kedepan. Bahkan UU Pemerintahan Daerah menyebutkan, DPRD adalah merupakan penyelenggara pemerintah daerah yang memiliki kewenangan bersama-sama pemerintah daerah. Yaitu dalam bentuk Perda dan menyusun APBD.

Oleh karena itulah, DPRD dan pemerintah daerah mesti memiliki kesamaan pandangan dalam melihat persamaan daerah dan secara bersama-sama menyelesaikannya. Stabilitas pembangunan daerah membutuhkan keharmonisan antara eksekutif dan legislatif dengan kepentingan rakyat sebagai pusat gravitasinya.

“Harapan kami DPRD yang baru dapat segera bekerja melaksanakan fungsi dan kewenangannya dengan penuh amanah serta professional untuk meningkatkan kapasitas melalui pendidikan dan pelatihan, akan sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja anggota DPRD yang baru,”kata Budi.

Pihaknya meyakini anggota DPRD yang dilantik, akan mampu segera melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan kewenangan yang dimiliki. Permasalahan yang dihadapi tentunya akan semakin komplek seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. “Atas nama pimpinan kami mengucapkan selamat bekerja kepada anggota DPRD yang baru. Semoga amanah rakyat yang diemban akan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” kata Budi.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafik, menjelaskan sebelum pimpinan DPRD terbentuk secara definitive maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara yang terdiri atas seorang Ketua dan seorang Wakil Ketua yang berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua. Oleh karena itu, Rafiq selaku pimpinan sementara DPRD Sumbawa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumbawa yang telah berpartisipasi dalam Pemilu 2019.

Terima kasih juga disampaikan kepada anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 yang telah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dengan baik. Terima kasih kepada anggota KPU Kabupaten Sumbawa, Bawaslu dan seluruh jajarannya. Terlebih terima kasih kepada Bupati  dan Wakil Bupati beserta jajarannya serta aparat keamanan yang telah menciptakan suasana yang kondusif. Sehingga Pemilu dapat terlaksana dengan baik,  aman, jujur dan adil.

Pihaknya berkomitmen bersungguh-sungguh mengemban semangat kerakyatan , mewujudkan DPRD Kabupaten Sumbawa yang lebih maju dan lebih baik, menciptakan sistem  secara konstruktif dan produktif menuju Kabupaten Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat. Meski disadari, untuk mewujudkan hal tersebut diatas tidaklah mudah. Di tengah-tengah prestasi dan kinerja yang baik yang telah diciptakan oleh pimpinan dan anggota DPRD masa jabatan 2014-2019.

“Tapi kami yakin dengan konfigurasi anggota DPRD yang berjumlah 45 orang ini adalah merupakan putra putri terbaik Kabupaten Sumbawa yang merupakan pilihan rakyat dan yang sangat membanggakan diantaranya terdapat 6 orang srikandi DPRD  yang handal, yang berintegritas, berkomitmen, memiliki kompetensi dan semangat atas kerjasama yang tinggi. Maka kami yakin dan Insya Allah akan dapat membuat masyarakat Kabupatan Sumbawa akan merasa bangga memiliki wakilnya yang ada seperti saat ini,” terang Rafiq.

Gubernur NTB dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc, mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, yang telah mengucapkan sumpah dan janjinya. Menyuarakan kepentingan dan aspirasi masyarakat, mewujudkan regulasi yang tepat dan bermanfaat, menentukan kebijakan fiskal daerah serta fungsi-fungsi pengawasan, dalam mengawal pemerintahan dan pembangunan di Sumbawa. Jangan sampai proses politik, lalu mengaburkan kejernihan dan akal sehat, mengorbankan persaudaraan dan persahabatan kita. Apalagi di Kabupaten Sumbawa yang memiliki motto mulia dan progresif “Sabalong Samalewa”. Sebuah semboyan yang menyiratkan semangat untuk saling bekerja-sama, bahu-membahu, bergotong-royong, tolong-menolong, sebagai kekuatan untuk membangun peradaban Sumbawa yang selaras antara pembanguan fisik dan mental.

“Terpilihnya bapak dan ibu tentu bukanlah akhir dari sebuah perjuangan. Tapi justru merupakan langkah awal untuk berkhidmat menyelesaikan berbagai permasalahan yang masih mendera di tengah masyarakat. Terlebih saat ini, Kabupaten Sumbawa tengah membangun dan berusaha menyongsong masa depannya yang lebih cerah,” tukasnya. (arn/ind/*)