Program Kemitraan, Bupati Sumbawa Minta Perhatian Khusus dari Amerika

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, didampingi Kepala Dispopar dan Kabag Humas Setda Sumbawa bersama Humas Konjen Amerika dan Humas UTS. (Suara NTB/arn)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc menerima kunjungan Kepala Bagian Humas Konjen Amerika Konsulat Surabaya di ruang kerjanya,Selasa,  9 April 2019. Untuk menjajaki peluang kerjasama di Sumbawa.

Bupati menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Kepala Bagian Humas Konjen Amerika Konsulat Surabaya, Christine Getzler Vaughan. Serta berjanji akan menindaklanjuti program kemitraan yang didanai Amerika.

Dalam kesempatan tersebut Bupati minta agar Kabupaten Sumbawa mendapat perhatian khusus dan dukungan sahabat dari Amerika, khususnya dalam bidang pendidikan. Agar dapat dipacu sehingga dapat disejajarkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

“Yang paling penting dari kemajuan bangsa adalah pembentukan karakter yang lebih baik dan maju, karena dengan maju dan baiknya pendidikan di suatu daerah, tentunya akan diiringi dengan meningkatnya Sumber Daya Manusia (SDM),” ucap Bupati.

Dalam pertemuan tersebut, Christine menyampaikan tentang peluang kerjasama dengan Pemkab Sumbawa tentang berbagai program kemitraan yang didanai Amerika. Diantaranya kesempatan bagi ASN untuk selama 10 hari, enam minggu atau tujuh minggu untuk melakukan studi banding ke Amerika Serikat dan negara bagian lainnya.

Dijelaskan pula tentang kerjasama lainnya yaitu bermitra dengan Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, dalam lima bidang program yangditawarkan yakni lingkungan, ekonomi, Bahasa Inggris, entrepreneur, perempuan dan anak, dan sejauh ini Konjen telah melakukan kerjasama dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). (arn)