Dugaan Penyimpangan DD, Inspektorat Sumbawa Periksa Khusus Sejumlah Desa

Ilustrasi (Dana Desa)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Inspektorat tengah melakukan pemeriksaan khusus (riksus) terhadap sejumlah desa di Kabupaten Sumbawa. Pemeriksaan tersebut berdasarkan pengaduan masyarakat terkait dugaan penyimpangan dalam penggunaan dana desanya.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M kepada wartawan membenarkan hal tersebut. Saat ini pihaknya  masih di lapangan melakukan pemeriksaan. “Terhadap beberapa surat pengaduan yang masuk kita sudah turunkan tim. Seperti apa hasilnya nanti kita lihat.  Saat ini tim masih melakukan pemeriksaan di lapangan,” ujarnya, Selasa,  22 Januari 2019.

Dijelaskannya, jika nantinya ditemukan adanya dugaan seperti yang dilaporkan, maka akan diminta untuk segera diselesaikan.  Kalaupun nantinya terkait masalah keuangan, maka diminta untuk disetorkan kembali ke kas. Jika hal itu tidak dilakukan, maka akan dilakukan upaya selanjutnya sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang ada.

“Kalau ditemukan penyimpangan, kita minta segera untuk diselesaikan. Kalau ada masalah keuangan kita segera suruh setor sesuai dengan mekanisme yang ada,” jelasnya.

Diakuinya, pihaknya juga memanggil sejumlah perangkat desa untuk melakukan konfirmasi terkait penggunaan dana desanya. Dimana  ditekankan terkait persoalan yang menjadi sorotan atau pengaduan masyarakat. “Kita melakukan pemeriksaan lebih teliti dengan menekankan apa yang menjadi sorotan dan pengaduan masyarakat  supaya bisa betul-betul dilihat,” pungkasnya. (ind)