Di Beringin Sila, Gubernur NTB Minta Jangan Lupakan Pengusaha Lokal

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah bersama Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril dan sejumlah pejabat terkait saat Groundbreaking Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa, Senin, 21 Januari 2019. (Suara NTB/ist)

Sumbawa (Suara NTB) – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menghadiri peresmian Groundbreaking Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa. Gubernur mengingatkan bahwa ini adalah buah kerjasama dan kekompakan yang sangat baik dari seluruh pihak.

“ini merupakan Buah manis dari kerja sama dan kekompakan kita semua. Pemerintah Pusat, Bupati, Pak fahri hamzah di DPR RI, pemerintah Provinsi dan teman-teman kita di DPRD kab/kota. InshaAllah hari kita memulai groud breaking di Beringin Sila” katanya saat memberikan sambutan di Kecamatan Utan, Senin, 21 Januari 2019.

Gubernur tiba di lokasi dengan menggunakan sepeda Motor Trail didampingi Bupati Sumbawa Husni Djibril dan rombongan lainnya. Gubernur yang akrab di sapa Bang Zul, mengingatkan agar pembangunan besar ini diikuti dengan kesejahteraan dan keterlibatan warga sekitar.

Baca juga:  Lima Proyek Besar di NTB Ditawarkan ke Investor

“Dimana-mana pembangunan akan terganggu jika tidak melibatkan masyarakat lokal.  Secara politik, proyek-proyek besar di Indonesia tidak lagi dikerjakan oleh perusahaan multi nasional, Namun BUMN. Begitulah juga BUMN juga jangan sampai melupakan pengusaha-pengusaha lokal” jelasnya.

“jangan sampai disini ada keberlimpahan. Namun masyarakat utan, Kecamatan alas dan sekitarnya menjadi penonton. Tugas pemerintah, adalah mendengarkan kebutuhan dan kita melatih anak-anak kita agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri” tegas Bang Zul diikuti tepuk tangan seluruh hadirin.

Baca juga:  TP4D Rekomendasikan Putus Kontrak Proyek Jembatan Nasional

Usai memberikan sambutan, Bang Zul langsung meresmikan ground breaking Bendungan Beringin Sila yang ditandai dengan menekan tombol sirine.

Didampingi Staf Ahli Menteri PUPR Ir. Lukman Hakim, M. Sc, Bupati, Pimpinan DPRD, dan Jajaran Furkopimda Kabupaten Sumbawa lainnya, Beliau kemudian  meninjau lokasi penggalian pertama.

Bendungan Beringin sila sendiri direncanakan dibangun untuk menyuplai irigasi di Beringin Sila (3500 ha), penyediaan air baku untuk penduduk, penyediaan potensi energi PLTM, dan pengembangan pariwisata. (arn)