Kokagasgab TNI Janjikan Posko Kesehatan Pengungsi di KSB dan Sumbawa

Sumbawa (Suara NTB) – Panglima Komando Tugas Gabungan (Kokasgab) Terpadu TNI Gempa Bumi Lombok dan Sumbawa, Mayjen TNI Madsuni, SE berjanji akan segera menempatkan Posko kesehatan di sejumlah kantung pengungsian korban gempa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Sumbawa.

Janji ini disampaikan Madsuni usai menyambangi sejumlah kantung pengungsian di dua kabupaten dalam kunjungannya, Selasa, 28 Agustus 2018, bersama Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto.

“Saya sudah lihat tadi yang di KSB dan yang di sini juga ada beberapa kantung pengungsian yang belum punya Posko kesehatan. Jadi kami akan segera tempatkan Posko itu,” janji Madsuni saat berada di kantung pengungsian warga desa Labuhan Mapin, kecamatan Alas Barat, Sumbawa.

Ia menjelaskan, tugas Kokasgab TNI untuk membantu masyarakat pulau Lombok dan Sumbawa yang terdampak bencana gempa. Penanganan Kokasgab pun meliputi berbagai hal terutama yang menyangkut kebutuhan masyarakat, baik selama di pengungsian hingga nanti rehabilitasi pasca gempa.

“Sementara ini tentu kebutuhan masyarakat di pengungsian kita dahulukan,” paparnya.
Selain Posko kesahatan, Madsuni yang turut didampingi Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril menyebutkan, pihaknya akan segera mendistribusikan kebutuhan bahan makanan masyarakat yang ada di pengungsian. Saat ini kata dia, untuk pengiriman logistik tengah berlangsung.

“Kalau tidak ada halangan nanti sore sampai. Memang tidak banyak dari kita, tapi kami upayakan bisa menjangkau semua kantung pengungsian di dua kabupaten ini,” harapnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan, untuk kegiatan rehabilitasi pasca gempa. Pihaknya akan segera menurunkan personel untuk membantu masyarakat membersihkan puing-puing bangunan yang sejauh ini masih belum dibenahi.

“Nanti kita akan turunkan personel dan peralatan untuk membantu masyarakat. Dan ini juga akan secepatnya supaya aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” tegasnya.

Selama di kantung pengungsian warga desa Labuhan Mapin, Madsuni dan Pangdam Udayana Benny Susianto berkesempatan berdialog langsung dengan sejumlah warga. Warga pun banyak menyampaikan harapannya kepada TNI, terutama mereka yang kehilangan rumah akibat diguncang gempa agar diberikan bantuan.

“Bapak ibu tetap bersabar, saat ini pemerintah mulai pusat hingga ke daerah tengah menyiapkannya untuk membantu masyarakat agar bisa kembali bangkit pasca bencana gempa ini,” pungkas Madsuni menjawab harapan masyarakat. (bug)