Wabup Sumbawa Lepas Keberangkatan Ratusan JCH Asal Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sebanyak 349 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sumbawa yang akan tergabung dalam kloter 7 Embarkasi Lombok Praya dilepas di Kantor Bupati Sumbawa, Minggu, 20 Agustus 2017. Pelepasan ratusan JCH tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah.

Sejak pukul 06.00 Wita, para JCH sudah mulai mendatangi Kantor Bupati Sumbawa. Tampak pihak keluarga yang ikut mengantar juga memadati sekitar lokasi Kantor Bupati. Setiap JCH satu persatu masuk melalui pintu gerbang sebelah Selatan Kantor Bupati atau samping Taman Mangga.

Mengingat banyaknya keluarga para JCH, hanya satu orang yang diperkenankan masuk mengikuti ke halaman Kantor Bupati. Sementara keluarga yang lainnya menunggu di luar.

Hal ini untuk memperlancar proses keberangkatan para JCH. Tampak aparat Sat Pol PP dan kepolisian menjagadi masing-masing pintu masuk Kantor Bupati. Karena keluarga para JCH memadati luar kantor baik di depan maupun di samping kantor Bupati. Para JCH baru diberangkatkan sekitar pukul 09.30 Wita yang diangkut menggunakan 27 kendaraan Bus.

Baca juga:  Jemaah Haji Kota Mataram Diberangkatkan Pertengahan Juli

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya berpesan agar para JCH kompak dalam kelompok, tetap bersabar, dan tawakal serta menjauhi tindakan-tindakan yang dapat menciderai ibadah. Kemudian tetap fokus dalam beribadah yang merupakan tujuan utama ke tanah Suci.

Selain itu para JCH diminta untuk selalu menjaga kondisi fisik dan metal dengan baik. Supaya prosesi manasik haji nantinya dapat dilaksanakan dengan sempurna. Karena perjalanan ke tanah suci bukanlah perjalanan biasa. Para JCH juga diingatkan untuk menghormati dan mentaati aturan, ketentuan, serta budaya yang berlaku di tanah suci.

“Informasi terakhir cuaca disana cukup panas. Bahkan diatas 40 sampai 45 derajat. Karena kita tidak terlalu terbiasa dengan kondisi demikian, kadang-kadang perubahan cuaca yang drastis ini yang membuat kita sakit. Sementara tujuan kita ke sana adalah untuk beribadah. Supaya ibadah kita sukses, saya berharap kepada jamaah haji supaya menjaga kesehatan dengan baik. Inilah yang utama,” terang Wabup.

Baca juga:  Jemaah Haji Kota Mataram Diberangkatkan Pertengahan Juli

Untuk itu, Wabup meminta kepada para petugas pendamping haji agar dapat memberikan pelayanan  yang terbaik kepada para JCH dengan penuh tanggung jawab. Baik dari segi fasilitas, pelayanan kesehatan, dan kenyamanan para jamaah maupun dalam teknis pelaksanaan ibadah hajinya.

Dengan demikian, sepulang dari ibadah haji para jemaah nantinya semakin meningkat kualitas dan kuantitas ibadahnya baik dalam konteks ibadah vertikal (hablum minallah) maupun ibadah sosial (hablum minannas). Mengingat ibadah haji adalah ibadah yang memiliki keseimbangan antara dimensi ritual dan sosial.

“Teriring doa semoga Bapak Ibu JCH Kabupaten Sumbawa selalu dapat mengkhusyukkan diri untuk beribadah selama di tanah suci. Tinggalkan semua pikiran tentang keluarga, harta, dan permasalahan lainnya. Ikhlas dan teguhkan hati dalam menjalani ibadah haji. Saya beserta seluruh masyarakat mendoakan seluruh jamaah menjadi haji yang mabrur dan selalu menjaga kemabrurannya spanjang hayat,” pungkasnya. (ind)