Menteri BUMN Sumbangkan Asrama Baru di UTS

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Ketua Dewan Pembina Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Dr. Zulkieflimansyah, mengkonfirmasi Menteri BUMN RI, Rini Soemarno yang sedianya hadir di UTS, batal datang murni karena alasan cuaca yang tidak memungkinkan. Namun Menteri BUMN tetap memberikan bantuan senilai Rp 4 miliar untuk pembangunan asrama baru di UTS. Ditambah free Wifi di kawasan UTS dari PT Telkom.

“Beliau (Menteri BUMN) sangat ingin sekali hadir di sini (UTS). Namun dibatalkan karena cuaca yang tidak memungkinkan. Meski helikopter sudah siaga dari pagi di Lombok. Kita bisa mengerti. Apalagi Menteri BUMN memberikan bantuan asrama baru bagi UTS,” terang Dr. Zul, di kampus UTS, Sabtu, 28 Januari 2017.

Asrama mahasiswa baru nantinya akan dibangun oleh dua perusahaan BUMN, KIKA dan Waskita pada tahun ini juga. Asrama baru sangat dibutuhkan, karena ada ribuan mahasiswa UTS dari luar daerah sehingga asrama yang ada tak bisa lagi menampung. Selain itu, UTS juga mendapatkan bantuan free wifi dari PT Telkom di kawasan Olat Maras.

Pada tahun ini juga, UTS sekitar 17 Februari akan dikunjungi Menristek Dikti untuk peresmian operasional Science and Techno Park (STP) yang berada di kawasan UTS. Semua mesin dan alat STP sudah tersedia. Mengingat bicara teknologi yang susah dan mahal adalah alatnya. Diharapkan keberadaan STP ini nantinya bisa dimanfaatkan.

Apresiasi juga disampaikan kepada Pemkab Sumbawa terutama Bappeda atas dukungannya terhadap STP. Pada akhirnya nanti, kompleks UTS akan menjadi satu kawasan industri yang teritegrasi dengan beberapa kampus UTS, IISBUD, Akademi Komunitas.

“Input SDM-nya bisa langsung kita siapkan dari mahasiswa kita. STP juga nanti akan menghasilkan pengusaha pemula sukses secara komersial. Di sini juga kita akan ada bantuan GOR, ruang publik kreatif yang semuanya terhubung dengan kampus,” urai anggota DPR RI ini.

Rektor UTS, Dr. Andi Tirta, juga berterima kasih dengan bantuan dan dukungan dari banyak pihak ke UTS. Termasuk Free Wifi dari Telkom. Bantuan jangka panjang untuk anak negeri, karena ada 2.000 mahasiswa yang kini sedang menempuh pendidikan di UTS. Termasuk mereka yang berasal dari luar daerah.

Pada kesempatan tersebut, acara yang sedianya disi kegiatan Menteri BUMN, tetap berjalan dengan kuliah umum dari General Manager PT Telkom Wilayah NTB, Hendriyanto. Yang menjelaskan kemajuan telekomunikasi dibawah pengembangan PT Telkom sebagai salah satu BUMN di republik ini. (arn)