Sepuluh Tahun Tanpa Kabar, TKW asal Utan Minta Dipulangkan

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Seorang TKW, Maryanti Binti Sulastri, warga desa Tengah Kecamatan Utan Sumbawa, hilang kabar selama 10 tahun di Amman Jordania. Namun dalam beberapa waktu terakhir sempat terhubung dengan keluarganya di Sumbawa melalui media sosial sehingga langsung minta dipulangkan.

Ternyata, menurut informasi dari Kabid Penta Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa, Selasa, 27 Desember 2016,  selama ini TKW bersangkutan tidak diizinkan pulang dan bekerja di tempat lain oleh majikannya yang diketahui bernama Marwan Salah di Amman Jordania.

Terkait hal ini, Disnakertrans Sumbawa pun bergerak membantu upaya pemulangan Maryanti. Dengan bersurat secara resmi ke Direktur Protokol dan Konsuler WNI dan BHI Kemenlu RI, serta Dirjen Bina Penta Kemenaker RI. Mohon kepada  Kepala BNP2TKI, majikan, agency dan pihak PPTKIS untuk dapat membantu memproses upaya pemulangan Maryanti. Berserta hak – hak yang mesti diperolehnya.

“Kita juga lakukan komunikasi secara personal dengan pejabat Kemenlu agar pemulangan Maryanti segera diproses. Sebab keluarganya di Utan sangat berharap yang bersangkutan dapat segera dipulangkan,” pungkas Zainal Abidin. (arn)