Bersahabat dengan Alam Lewat Festival Moyo Tahun Ini

Advertisement

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kegiatan Festival Moyo tahun ini tak banyak berubah dari tahun sebelumnya. Namun ajang kali ini lebih pada penyampaian pesan agar masyarakat Sumbawa bersahabat dengan alam, budaya dan adat istiadat. Seluruhnya terimplementasi melalui sejumlah kegiatan bertajuk alam dan budaya.

“Yang menjadi berbeda pada Festival Moyo tahun ini, mari bersahabat dengan alam, budaya dan adat Tau dan Tana Samawa. Artinya, selain upaya untuk terus melestarikan dan mengembangkan adat dan budaya Tau dan Tana Samawa, juga ada pesan dari Bupati untuk selau bersahabat dengan alam. Mari kita jaga alam, dengan tidak melakukan kegiatan illegal logging, illegal minning dan illegal fishing yang masih cukup marak terjadi di daerah ini,” terang Kabag Humas Setda Sumbawa, Rachman Ansori, M.Se, yang juga Sekretaris Festival Moyo 2016, kepada Suara NTB.

Kegiatan ilegal yang terjadi belakangan ini sangat mengancam kelangsungan hutan dan alam Sumbawa. Sebagai masyarakat yang hebat dan bermartabat, maka hindari kerusakan alam dan menjaganya secara bersama sama. Melalui beragam kegiatan Festival Moyo, seperti jelajah wisata motor, mengajak peserta dan masyarakat untuk menikmati panorama keindahan alam Sumbawa. Begitu pula dengan kegiatan Fishing contest misalnya juga agar masyarakat belajar menjaga ekosistem laut.

“Bagaimana kita bisa melakukan kegiatan seperti jelajah wisata motor ataupun fishing contest misalnya kalau alam dan laut kita sudah rusak. Begitu pula dengan Malala, yang proses dan bahannya masih tergantung kepada alam,” jelas Ansori.

Apalagi, lanjutnya, Sumbawa ini tengah diprioritaskan sebagai lokasi puncak Sail Indonesia 2017. Festival Moyo tahun ini akan menjadi jembatan menuju Sail dimaksud. Makanya perlu kesadaran bersama untuk menjaga alam dan lingkungan. Sebab Sumbawa menjadi terkenal karena potensi dan keindahan alamnya termasuk pantainya.

Festival Moyo akan dimulai 23 September mendatang, diisi sejumlah kegiatan. Di antaranya, Tari Sarembang Baguba, Karnaval Kere Alang, MICE/Expo UMKM, Main Jaran, Jelajah Wisata Motor, Barapan Kebo, Pelatihan dan Fetival Tenun, Gebyar Pesta Jagun, Balap Sampan dan lainnya. (arn)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.