Metamorfosa Sambava Bantu Kembangkan Industri Kreatif di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Metamorfosa Sambava, tema yang diambil dalam perayaan setahun Sambava, sebuah kelompok seni yang mengembangkan musik dan lagu Sumbawa. Mereka mencitrakan Sumbawa yang layak jual dan layak beli di era industri kreatif saat ini.

Pementasan setahun Sambava yang dibuka Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi dan dihadiri Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Sumbawa, Ir. Iskandar, di Gedung Wanita Sumbawa, Rabu malam, sebagai bentuk refleksi perjalanannya yang masih muda untuk terus direnungi. Berkembang seiring kerelaan dan kesungguhan semuanya untuk berkarya. Seperti disampaikan leader dan founder Sambava, Iqbal Sanggo, 1 Anniversary Sambava ingin mengajak semua penggiat seni dan budaya di Sumbawa untuk ikut gotong royong mencitrakan Sumbawa agar layak dijual dan dibeli di era industri kreatif. Era di mana menuntut pelaku seni untuk bisa mengkreasikan karya – karyanya agar layak jual dan bersaing dengan karya lainnya.

Kerelaan mereka disajikan dalam bentuk foto, musik, teater, fashion, lagu grafis, bahkan kopi Sumbawa. Anniversary ini mencoba mengirimkan pesan kepada siapapun, bahwa Sambava hendak, sedang dan terus mengangkat citra Sumbawa agar lebih baik. “Tema metamorfosa yang diambil dalam perayaan kali ini sekali lagi merenungi perjalanan untuk terus membentuk diri menjadi seharusnya. Sebagai warming up dan undangan dari kami mengajak komunitas seni di Sumbawa untuk sekali lagi diakomodasi kepentingannya dalam suatu art space,”ujarnya. (arn)