Beranda Sumbawa Barat Akhirnya, KSB Putuskan Libur Siswa Selama 14 Hari

Akhirnya, KSB Putuskan Libur Siswa Selama 14 Hari

0
35
Suasana rapat koordinasi penanganan Covid-19 di graha fitrah, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Senin, 23 Maret 2020. Rapat yang dipimpin Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin tersebut antara lain memutuskan kebijakan libur siswa dari jenjang TK hingga SMP di KSB.(Suara NTB/ils)

Taliwang (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa Barat (KSB), akhirnya memutuskan untuk meliburkan para siswa mulai dari tingkat TK sampai SMP hingga tanggal 4 April mendatang. Kebijakan tersebut diambil setelah beberapa pertimbangan salah satunya kondisi terkini penyebaran Covid-19 yang terus meluas di seluruh Indonesia meski kondisi KSB masih dianggap aman. Pengambilan keputusan untuk meliburkan para siswa ini cenderung terlambat sekitar sepekan jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di NTB yang dimulai dari tanggal 16 Maret sampai dengan 14 hari kedepan.

“Setelah kami lakukan rapat dan mendengarkan pertimbangan dari Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) akhirnya kita putuskan untuk merumahkan para siswa dari tingkat SD sampai SMP. Tentu kami meminta kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya selama berada dirumah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami juga akan melibatkan Polres, Pol PP dan TNI untuk melakukan pengawasan terhadap para peserta didik, jika ditemukan berkeliaran maka kita akan berikan sanksi tegas,” ucap Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, saat memimpin rapat teknis penanganan covid-19, Senin, 23 Maret 2020.

Dikatakannya, kebijakan untuk meliburkan peserta didik bukan berarti para guru, kepala sekolah dan pengawas juga ikut libur, melainkan mereka harus tetap masuk sekolah. Bahkan jika ada yang tidak masuk sekolah, maka sanksi tegas sudah disiapkan oleh Pemerintah untuk memberikan efek jerah.

Pihaknya juga tetap mengimbau kepada para guru untuk tetap melanjutkan proses belajar mengajar sesuai dengan mata pelajaran di hari yang sama dengan metode online. Bahkan guru juga diharapkan untuk bisa memberikan tugas setiap harinya supaya para siswa tidak ada yang keluyuran dan tetap belajar.

Kebijakan tersebut dilakukan jelang persiapan pelaksanaan UN dan ujian sekolah lainnya. Pihaknya juga tidak menginginkan dengan kebijakan tersebut, malah membuat nilai peserta didik menjadi turun karena hal itu juga akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Untuk itu, orang tua diharapkan bisa memiliki peran yang sentral selama para peserta didik pelajar dirumah dengan tetap memantau anak-anaknya.

  Pemkot Lacak Rekan Interaksi Pasien Positif Corona yang Meninggal

“Kebijakan ini sudah kita ambil, makanya kami berharap kepada para orang tua untuk bisa melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya. Kami juga meminta kepada para guru dan kepala sekolah untuk tetap masuk dan melakukan pembelajaran meski tidak memilki siswa,” pungkasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud), Drs. H. Mukhlis M.Si kepada Suara NTB mengatakan, memang untuk proses belajar mengajar di ruang kelas sudah dihentikan sementara waktu. Tetapi bukan berarti peserta didik akan libur semaunyanya melainkan akan ada tugas yang akan diberikan per hari sesuai jadwal. Makanya para guru dan kepala sekolah sengaja tidak diliburkan dengan harapan tetap memantau para peserta didik selama dirumah masing-masing.

Khusus untuk peserta didik di dalam kota dan terjangkau jaringan telekomunikasi maka sistem pembelajaran akan dialihkan melalui jaringan internet dan para siswa harus hadir. Sementara bagi sekolah yang tidak memiliki jaringan telekomunikasi maka akan dilaksanakan pertemuan tetap muka sekali seminggu dengan mengatur jarak tempat duduk dan tidak berkumpul di satu tempat.

“Libur bukan berarti tidak belajar tetap mereka tetap belajar akan tetap dipantau setiap harinya. Jika ada siswa yang tidak mengikuti proses belajar maka kami akan panggil orang tuanya untuk bisa mengingatkan anaknya untuk tetap belajar,” pungkasnya. (ils)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + 10 =