Jadwal Lelang Aset Pemda KSB Ditunda

0
5
Kendaraan dinas jenis roda dua yang telah dikumpulkan pihak BPAD KSB untuk selanjutnya dilelang.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kesiagaan mengantisipasi merebaknya virus corona membuat sejumlah agenda pemerintah tertunda. Di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) salah satu agenda yang terpaksa dihentikan prosenya adalah kegiatan lelang aset daerah.

Sedianya kegiatan pelelangan aset itu akan dimulai pada akhir Maret ini. Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) KSB bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima, akan memulai tahapannya dengan terlebih dahulu melaksanakan penilaian terhadap setiap barang aset yang akan dilelang itu.

Namun dengan adanya kebijakan pemerintah menghentikan sementara waktu (meliburkan) seluruh aktivitas di luar kantor. Maka KPKNL Bima tidak bisa melakukan turun lapangan melakukan proses penilaian. “Sebenarnya akhir bulan ini KPKNL akan mulai tahapan lelangnya. Tapi karena (antisipasi virus) corona itu. Ya terpaksa ditunda dulu,” kata kepala BPKD KSB, Muhammad Yusuf, Kamis, 19 Maret 2020.

Penundaan tahapan lelang aset Pemda KSB itu akan berlangsung hingga waktu yang tidak ditentukan. Menurut Yusuf, pihaknya tidak berani memastikan kapan akan dimulai prosesnya mengingat kegiatan penghapusan aset pemerintah yang ada di daerah saat ini sepenuhnya berada di tangan Ditjen Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui KPKNL setempat. “Kalau kami ditanya sampai kapan kami tidak tahu. Kan kami hanya mengajukan permohonan lelang saja, soal waktunya tergantung KPKNL,” timpalnya.

Penundaan akibat antisipasi virus corona itu menambah panjang waktu penantian Pemda KSB. Sebab sebelumnya, rencana pelelangan itu sudah sejak tahun 2019 lalu diajukan oleh BPAD KSB. Namun karena banyaknya agenda lelang yang harus ditangani oleh KPKNL Bima di pulau Sumbawa, membuat permohonan Pemda KSB belum dapat dipenuhi.

Menurut Yusuf, selama masa penundaan tersebut pihaknya akan terus melalukan pengumpulan barang-barang yang akan dimasukkan dalam item lelang. “Masih ada yang belum kita bawa ke sini. Tapi mudah-mudahan bisa semua terkumpul sebelum KPKNL turun melalukan penilaian,” imbuhnya. (bug)

  Deviasi Serapan Fisik APBD NTB Capai 19,25 Persen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =