Tanaman Jagung di Tambak Sari Diserang Ulat

0
7
Tanaman jagung petani di Desa Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano, KSB, yang terserang hama ulat dan kekurangan pasokan air.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Serangan hama ulat pada tanaman jagung petani di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus meluas. Kali ini serangan dilaporkan terjadi di desa Tambak Sari, kecamatan Poto Tano.

Di wilayah ini, puluhan hektar tanaman jagung petani yang baru berumur sekitar satu bulan tanam itu, mengalami kerusakan pada bagian daunnya karena dimakan ulat. “Ini baru beberapa hari terjadi di lahan kami. Jadi kami kira belum masuk dalam data laporan ke dinas pertanian,” kata Rahmad, salah seorang petani jagung di desa Tambak Sari, Kamis, 23 Januari 2020.

Rahmad menyebutkan, selain tanaman miliknya, ada puluhan hektar tanaman jagung di satu blok pertanian di sekitar kebunnya turut mengalami hal yang sama. “Puluhan hektar pak saya pastikan itu. Karena tadi pagi saya mengecek keluhan teman-teman juga sama seperti saya,” timpalnya.

Selain serangan hama ulat, Rahmad mengatakan, kondisi tanaman jagungnya dan petani lainnya diperparah dengan kekeringan yang melanda. Ia mengungkapkan, sejak memulai musim tanam sekitar 1 bulan lalu volume hujan yang turun di blok peranian desa Tambak Sari tidak sesuai prediksi petani. “Waktu kami mulai menanam hujannya cukup bagus. Tapi setelahnya semakin jarang, padahal tanaman kami masih sangat butuh air,” sebutnya.

Menghadapi kondisi tersebut, Rahmad mengaku, ia dan rekan-rekannya sesama petani tidak tahu harus berbuat apa untuk menyelamatkan tanaman jagungnya. Terutama mengatasi kekurangan air yang saat ini masih sangat dibutuhkan tanaman mereka. “Ya kalau serangan hamanya. Teman-teman yang masih punya sisa modal mecoba membeli obat-obatan untuk membasminya. Tapi kalau soal kekurangan air kami pasrah tidak tahu mau berbuat apa. Karena blok pertanian kami selama ini memang benar-benar hanya mengandalkan hujan sebagai sumber airnya,” bebernya. (bug)

  Penanganan Korban Kebakaran Diharapkan Tuntas Sebulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here