Belum Ada Calon Perseorangan Muncul di Pilkada KSB

Denny Saputra (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hampir dipastikan tidak diikuti oleh pasangan calon (paslon) jalur perseorangan. Buktinya, hingga kini belum ada satu pun bakal paslon non partai itu menyambangi KPU setempat yang telah mengumumkan masa penyerahan syarat dukungan.

“Sampai hari ini belum ada yang datang ke kami. Baik paslonnya maupun itu penghubungnya,” terang Ketua KPU KSB, Denny Saputra, S.Pd kepada Suara NTB, Senin 13 Januari 2020.

Baca juga:  Gerindra KSB Yakin DPP Rekomendasikan Dukungan ke Petahana

Pada tahapan Pilkada 2020 yang telah ditetapkan KPU, diakui Denny, pihaknya secara resmi baru akan menggelar kegiatan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan pada 19 Februrari mendatang. Selama lima hari hingga tanggal 23 Februari 2020, KPU akan menerima bakal Paslon yang akan menyerahkan syarat dukungannya.

Namun begitu sebelum tahapan tersebut di mulai. Terhitung pada bulan Desember 2019 lalu atau sejak KPU mengumumkan waktu penyerahan syarat dukungan, bakal paslon petahana dapat mendatangi KPU untuk mendapatkan username dan pasword sistem informasi pencalonan (silon).

Baca juga:  Gerindra KSB Yakin DPP Rekomendasikan Dukungan ke Petahana

Silon sendiri merupakan merupakan aplikasi daring yang dimanfaatkan KPU dan diperuntukkan bagi calon perseorangan dalam pengimputan data dukungannya. “Kalau mereka sudah punya username dan pasword Silon. Nah lewat aplikasi itulah nanti data dukungannya bisa diinput secara online juga. Selain tentunya penyerahan data manual pada bulan Februari nanti,” papar Denny.

Baca juga:  Gerindra KSB Yakin DPP Rekomendasikan Dukungan ke Petahana

Untuk lolos sebagai peserta di Pilkada serentak KSB 23 September mendatang, paslon perseorangan harus menyerahkan syarat minimal dukungannya ke KPU sebanyak 8.945 dukungan lengkap. “Jadi bukan hanya fotokopi KTP saja. Tapi ada juga lembar formulir B.1-KWK namanya yang harus disertakan pada setiap dokumen dukungannya,” tukas Denny. (bug)