Tak Berizin, KSB Tutup Toko Modern di Poto Tano

Kepala DPMPTSP KSB, H. Abdul Hamid (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali menerbitkan rekomendasi penutupan salah satu gerai toko modern. Kali ini gerai salah satu toko modern yang ditutup oleh DPMPTSP itu berada di kecamatan Poto Tano.

“Ada yang baru kami rekomendasi penutupannya di Poto Tano,” kata Kepala DPMPTSP KSB, H. Abdul Hamid, M.Pd kepada wartawan, Selasa,  12 November 2019.

Gerai di kompleks pelabuhan tersebut selama ini tidak mengantongi izin dari Pemda KSB. Dikatakan H. Hamid, sebelumnya pihaknya menganggap keberadaan gerai tersebut cukup dengan mengantongi izin dari otoritas pelabuhan Poto Tano. Mengingat pelabuhan Poto Tano memiliki kewenangan sendiri di arealnya.

“Tapi setelah kami dalami aturannya ternyata mereka harus tetap mengantongi izin di daerah setempat. Makanya kami tindaklanjuti dengan penutupan,” timpalnya.

Penutupan tersebut lanjut dia, telah dipenuhi oleh manajemen pengelola gerai tersebut. Saat ini gerai yang sudah beroperasi sejak awal tahun itu sudah tidak membuka pelayanan. “Manajemen sedang urus izinnya. Dan selama itu belum kita rekomendasi maka mereka tidak boleh buka,” tegas H. Hamid.

Selanjutnya mantan kepala Disnakertrans KSB ini mengakui, kepatuhan manajemen toko modern mengikuti aturan yang dibuat pemerintah masih rendah. Salah satunya mengenai aturan jadwal operasi. Selama ini masih terdapat beberapa gerai yang beroperasi selama 24 jam. Padahal aturannya mereka hanya diperbolehkan buka hingga pukul 22.00 Wita.

“Kami sudah menegur gerai yang buka seharian penuh itu. Setidaknya data kami ada empat gerai yang masih seperti itu. Dan kalau mereka tidak patuh pasti akan kita sanksi,” tandas H. Hamid. (bug)