Baru Sebulan Dibersihkan, Danau Lebo Kembali Ditumbuhi Eceng Gondok

Bagian pinggir kolam TWA Lebo kembali ditumbuhi eceng gondok meski sebulan lalu baru dibersihkan. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Baru sekitar satu bulan dibersihkan, permukaan kolam Taman Wisata Alam (TWA) Danau Lebo Taliwang sudah kembali mulai ditumbuhi tanaman eceng gondok.

Tanaman gulma yang memang paling cepat pertumbuhannya itu, selama ini menjadi momok perusak pemandangan kolam TWA Lebo. Tanaman ini biasanya akan mulai tumbuh saat musim hujan dan dalam waktu kurang dari sebulan bisa menutupi seluruh permukaan air kolam.

Deni, salah seorang warga yang biasa memancing di kolam TWA Danau Lebo mengatakan, satu-satunya cara menghentikan pertumbuhan eceng gondok di areal kolam adalah dengan memanfaatkannya. Menempatkan wahana permainan air sehingga perairan kolam terus bergerak dan pada akhirnya merusak bakal tumbuhan eceng gondok..

“Kalau air kolam diam, tumbuhnya cepat. Beda kalau airnya bergerak. Makanya saran saya tempatkan wahana permainan air, sampan atau apalah di dalam kolam,” kata Deni, Jumat,  20 September 2019.

Selain menempatkan wahana permainan air, ia juga menyarankan sirkulasi air kolam juga perlu diperbaiki. Secara berkala air kolam dilakukan pelelasan dan menggantinya dengan air baru yang berasal dari danau langsung.

Menurut Deni, air kolam yang tidak berganti

membuat bakal tumbuhan eceng gondok cepat beranak pinak dan menjalar memenuhi seluruh permukaan kolam. “Ya ini hanya berdasar pengalaman saja ya. Karena saya sudah lama mancing di sini dan terus memperhatikan kolam ini,” timpalnya.

Meski menjadi salah satu spot memancing favoritnya, Deni menyatakan dukungannya kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menghidupkan kolam TWA Danau Lebo sebagai obyek wisata. Baginya menjadikan kolam tersebut sebagai obyek wisata akan lebih bermanfaat dari pada dibiarkan terbengkalai seperti selama ini.

“Kalau tempat mancing kan masih banyak. Saya dan banyak teman lain kenapa mancing di sini karena pemerintah juga tidak mengelolanya,” tukasnya.

Pemda KSB dalam sebulan terakhir memang sedang berupaya menghidupkan kembali kolam TWA Lebo. Bekerja sama dengan kelompok masyarakat yang konsen dengan pengembangan pariwisata daerah di bawah koordinasi Malik Salim, kolam TWA Lebo dan pinggiran danau di sekitarnya telah dibersihkan.

Rencananya, kolam TWA Lebo akan dikembangkan sebagai destinasi berkonsep ekowisata. Di mana nantinya para pengunjung bisa menikmati keindahan danau kebanggaan masyarakat KSB tersebut sambil menjajal berbagai wahana yang disiapkan pengelola. (bug)