Stok Menipis, KSB Minta Blangko E-KTP ke Kemendagri

Kepala Disdukcapil KSB,  Ibrahim (Suara NTB/bug)

Taliwang (Suara NTB) – Stok blangko E-KTP (kartu tanda penduduk elektronik) yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menipis. Berdasarkan data dinas terkait, per 20 Juni 2019, bahan baku pembuatan E-KTP yang tersisa sebanyak 296 keping.

Kepala Disdukcapil KSB, Ibrahim, S.Sos mengatakan,  pihaknya telah mengajukan permohonan penambahan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menutupi stok blangko yang menipis itu. Jumlah yang diajukan sebanyak 10 ribu keping. “Kita sudah bersurat ke Kemendagri minta dikirimkan blangko tambahan lagi,” terangnya kepada wartawan, Jumat,  21 Juni 2019.

Ia menjelaskan, pencetakan E-KTP saat ini bukan didominasi oleh permohonan baru (wajib E-KTP baru). Tetapi kebanyakan wajib E-KTP lama. Mereka beralasan E-KTP lama yang dikantonginya telah rusak, hilang atau telah terjadi perubahan pada komponen data administrasi kependudukannya. “Kalau yang permohonan baru sekarang sedikit sekali, setiap hari paling ada lima atau tujuh yang melakukan perekaman. Tapi yang minta dibuatkan baru KTP-nya banyak,” klaimnya.

Pihaknya kata Ibrahim selama ini berupaya melengkapi seluruh kebutuhan pembuatan E-KTP. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelayanannya kepada masyarakat tidak terganggu. Namun begitu dalam beberapa kesempatan tetap saja sempat ada gangguan yang dihadapinya.

“Ya pernah juga kehabisan blangko di awal-awal. Tapi alhamdulillah terakhir-terakhir ini sudah tidak lagi. Nah gangguan lain biasanya server sehingga pencetakan kartu biasanya molor,” papar mantan kepala DPMD KSB ini.

Selanjutnya ia mengatakan, pelayanan pembuatan E-KTP yang paling banyak dilakukan pihaknya ketika jelang Pemilu April lalu. Sesuai instruksi pemerintah, saat itu Disdukcapil diharuskan membuka pelayanan 24 jam penuh setiap hari bahkan di hari pemilihan. “Alhamdulilah saat itu kami tidak ada kendala berarti, stok blangko juga banyak. Jadi begitu ada warga yang ajukan pembuatan E-KTP hari itu juga selesai,” kenangnya. (bug)