KSB Tutup Tahun dengan Mutasi Pegawai

Bupati HW. Musyafirin menyerahkan petikan SK pelantikan kepada drh. Khairul yang ditunjuk menjadi kepala Bappeda Litbang pada mutasi yang digelar, 31 Desember 2018. (Suara NTB/bug)

Taliwang (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menutup tahun 2018 dengan mutasi pegawai di lingkungannya. Mutasi pada Senin, 31 Desember 2018 itu melibatkan 78 pejabat eselon II dan III yang dirotasi. Beberapa diantaranya, mendapat promosi jabatan baru.

Dari 78 pegawai yang masuk dalam gerbong mutasi akhir tahun itu, 15 diantaranya merupakan pejabat eselon II. Di jajaran eselon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) ini, ada tiga nama yang menjadi kejutan dan mendapat promosi. Mereka adalah Suhadi yang sebelumnya menjabat Sekretaris Bappeda Litbang dipercaya menduduki kursi kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (DPPP), berikutnya Feriyal diangkat menjadi kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang sebelumnya menjabat Kabag Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) KSB. Dan terakhir ada nama Kusmayadi ditunujuk menjadi kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) di mana sebelumnya di dinas yang sama ia menjabat sebagai sekretaris.

Nama Feriyal lebih mengejutkan lagi.

Sebab ia mencatatkan sejarah baru bagi birokrasi KSB. Dirinya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan pertama yang dipercaya sebagai kepala SKPD sejak KSB terbentuk pada tahun 2003 silam. Selanjutnya dua pejabat lain yang mendapat promosi naik jabatan ke eselon II adalah, Supiarno dan Slamet. Keduanya dijabatan lamanya sebagai sekretaris dinas dan kini mereka dipercaya menjadi staf ahli bupati.

Sisanya pejabat eselon II yang dimutasi

hanya mengalami pergeseran. Mereka adalah, drh. Khairul, M.Si sebelumnya menjabat kepala DPPP KSB mengisi kursi kepala Bappeda Litbang, Drs. Tajuddin dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggantikan H. Abdul Malik Nurdin yang dipercaya menempati jabatan baru sebagai Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda. Mantan Asisten Pemerintahan (Asisten I) Drs. H. Mukhlis, M.Si dilantik menjadi Kepala Dinas Dikpora. Berikutnya Ir. Irhas R. Rayes, mantan Asisten III dilantik menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) menggantikan Ir. H. Muslimin yang digeser menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Selanjutnya, Kadisnakertrans, H. Abdul Hamid dilantik menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sementara mantan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Hirawansyah Atta dilantik menjadi Asisten III. Sedangkan Drs. H. Hamzah dilantik definitif sebagai kepala pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP). Berikutnya H. Syamsul Kamil mantan staff ahli Bupati dilantik menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus).

Sementara itu di jajaran eselon III puluhan wajah baru pejabat mendapat promosi. Bupati Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM usai mengambil sumpah jabatan dalam sambutannya mengakui, jika banyak di antara pejabat yang dipromosi kali ini masuk dalam kategori generasi milenial. Di mana generasi ini menurutnya memiliki kelebihan jika dibanding dengan generasi sebelumnya. (bug)