KSB Hibahkan Rp 5 Miliar untuk Ponpes

Taliwang (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memberikan perhatian serius untuk mengembangkan Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Pemkab setempat. “Alhamdulillah pemberian hibah ke lima Ponpes yang masing-masing mendapat Rp  1 Miliar tersebut, sebagai salah satu bentuk janji kami pada saat kampanye silam. Setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD akhirnya kami bisa serahkan bantuan tersebut,” ungkap Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin, Senin, 27 Maret 2017.

Bupati mengatakan, hibah yang diberikan kepada Pondok Pesantren itu, semata-mata sebagai bentuk dukungan Pemkab setempat agar Pondok Pesantren bisa memenuhi standar pelayanan minimum dalam kegiatan proses belajar mengajar dan sebagai pusat pendidikan spiritual dan keilmuan. Pengembangan tersebut nantinya juga diharapkan tidak hanya bagi para santri, tetapi juga bagi masyarakat sekitarnya. “Pondok Pesantren, harus bisa menjadi pelopor perdamaian, bukan menciptakan keragu-raguan,” ungkapnya.

Seraya menjelaskan, hibah yang diserahkan tersebut bersifat sebagai hibah terikat. Artinya pondok pesantren penerima tetap berkewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dimaksud. Hal

tersebut dilakukan karena nantinya bantuan tetap akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bupati juga menyatakan bahwa hibah terikat tersebut, juga akan disesuaikan dengan usulan pengguna anggaran kepada Pemda. Sehingga Peruntukannya tidak bisa keluar dari usulan yang disampaikan. “Saya berharap agar bantuan yang cukup besar ini bisa dikelola dengan baik oleh untuk peningkatan kualitas agar bisa memenuhi standar minimal Pondok Pesantren,” imbuhnya.

Disinggung mengenai kriteria Pondok Pesantren yang berhak menerima bantuan, bupati menjelaskan, indikator sebagai penerima bantuan merupakan pondok inap. Artinya para santri yang berada di Pondok tersebut merupakan santri yang menginap dan diberikan makan di Pondok. Sementara bagi Pondok yang tidak memenuhi kriteria tersebut, tidak akan diberikan bantuan. Pondok-pondok pesantren tersebut yakni, Ponpes Himmatul Ummah yang berada di desa Sapugara-Bree kecamatan Brang Rea, Ponpes Al-Manar desa Seloto, Kecamatan Taliwang, Ponpes Al-Ikhlas, Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, Ponpes Al-Furqon Tongo, Kecamatan Sekongkang, dan Ponpes Nurul Iman NW Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang. (ils)