16 Kades Terpilih di KSB Dilantik

Taliwang (Suara NTB) – Sebanyak 16 orang Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak November 2016 lalu, dilantik oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H.W. Musyafirin, Kamis, 5 Januari 2017.

Pelantikan Kades periode 2017-2023 yang dilaksanakan di lantai tiga gedung Sekretariat Daerah (Setda) KSB itu berlangsung khidmat dan penuh suka cita. Sebab selain dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), pejabat dinas KSB juga turut hadir ratusan warga desa serta simpatisan pendukung para Kades terpilih.

Bupati KSB dalam sambutannya berpesan kepada para Kades terpilih untuk memegang sumpah jabatannya degan teguh. Menjalankan tugasnya sebaik mungkin dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga:  Terungkap, Mantan Kades Ini Beli Moge Pakai Dana Desa

“Yang perlu diingat bahwa kepercayaan masyarakat kepada saudara-saudara untuk memimpin desa adalah sebuah amanah besar,” katanya.

Sebagai pimpinan di wilayah tingkat desa, bupati menyebutkan, seorang Kades tidak memiliki tugas, kewenangan serta hak yang banyak. Justru sebaliknya, kewajiban seorang Kades dalam rangka menjalankan tugasnya lebih banyak dan menjadi sebuah tuntutan wajib untuk dijalankan.

“Di Undang Undang desa itu, disebutkan tugas Kades itu hanya 4 poin, kewenangan dan haknya hanya masing-masing 5 poin, tetapi untuk kewajibannya ada 16 poin. Jadi menjabat Kades atau pemimpin itu sangat berat,” sebutnya.

Baca juga:  Menengok Hijaunya Lapangan Bola di Desa Lanta, Kabupaten Bima

Dengan beratnya kewajiban dalam memimpin desa itu, setiap Kades diharuskan untuk tetap taat pada aturan. Membawahi seluruh warganya dengan terus berupaya memenuhi harapan serta hajat hidup masyarakatnya tanpa terkecuali.

“Kita sebagai pemerintah itu bertugas menjamin kebutuhan masyarakat, terutama hak-hak dasarnya terpenuhi. Nah seorang Kades harus punya misi seperti itu dalam memimpin,” timpalnya.

“Kita sudah punya program untuk menyejahterakan masyarakat. jadi bersinergi dengan semangat itu dengan membuat program yang selasar pula di tingkat desa,” harap bupati. “Saya ucapkan selamat. Jalankan tugasnya dengan penuh amanah,” imbuhnya. (bug)