Sumbawa Siapkan Rp 15 Miliar untuk Program Desa Bebas Rentenir

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pada 2017 Pemkab Sumbawa bakal meluncurkan Kredit Sahabat program desa bebas rentenir. Program ini dihajatkan untuk menurunkan angka kemiskinan di Sumbawa dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp 15 miliar.

Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi, Sabtu mengatakan, pemerintahan Husni Mo, sedang berupaya melakukan penguatan di bidang ekonomi. Salah satunya melalui program desa bebas rentenir, dengan segera meluncurkan Kredit Sahabat. Dengan sasaran tentu saja masyarakat miskin yang nantinya bisa meminjam uang di lembaga keuangan yang ditunjuk Pemkab tanpa bunga. Di antaranya penyaluran melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Iklan

“2017 nanti kita luncurkan,” terangnya.

Selain tentu saja program program lain, seperti memberikan bantuan modal dan pelatihan bagi UMKM. Membangun fasilitas pelayan publik dan tentu saja infrastruktur. Untuk meningkkatkan akses ekonomi terutama barang dan jasa dari desa. Dalam membantu menurunkan kemiskinan yang ditargetkan dua persen per tahun.

Diketahui dalam APBD 2017, Pemkab Sumbawa telah menganggarkan Rp 15 miliar untuk program desa bebas rentenir. Anggaran tersebut untuk pinjaman tanpa bunga oleh masyarakat miskin yang nantinya mendapatkan kartu kredit Sahabat. Agar upaya pengentasan kemiskinan di Sumbawa menjadi lebih terukur. (arn)

  Dompu Butuh Tambahan Dokter Spesialis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here