Sumbawa Siapkan Penangkaran Bibit Bawang Merah Unggul

Wayan Rusmawati. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Tahun ini, Sumbawa mendapatkan bantuan hibah dari program Upland pengembangan bawang merah melalui Kementrian Pertanian. Untuk penangkaran bibit bawang merah yang nantinya akan digunakan sebagai benih unggul.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinas Pertanian Sumbawa, Wayan Rusmawati M.Si, program ini bertujuan meningkatkan produksi bawang merah di Sumbawa. Dengan menyiapkan 40 kelompok penangkaran bibit. Pada lahan seluas 100 hektar untuk penangkaran benih dan 400 hektar untuk pengembangan bibit bawang merah.

Iklan

Kedepan diharapkan Sumbawa dapat memenuhi kebutuhan benih bawang merah. Serta meningkatkan konsumsi lokal dan mengirim ke luar daerah. Sebab ternyata Sumbawa cocok untuk budidaya bawang merah. Bahkan Sumbawa akan memiliki spesifikasi bibit lokal yang bakal cocok dengan potensi lahan pertanian yang tersedia. “Kita punya bibit lokal yang sesuai dengan kondisi lahan pertanian kita,”terang Wayan.

Untuk melaksanakan program ini, Distan telah merekrut satu orang manajer dan 15 fasilitator yang akan mendampingi petani di sejumlah wilayah di Sumbawa. Seperti di Lape, Empang Tarano, Moyo Hilir, Unter Iwes, Batulante dan lainnya. Pendampingan mulai dari pembersihan lahan, penanaman, pemupukan, penyiangan, pengendalian hama hingga panen dan pemasaran hasil. (arn)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional