Sumbawa Siap Belajar Tatap Muka 2021

H. Sahril. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Semua sekolah baik SD maupun SMP di Kabupaten Sumbawa siap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka pada tahun 2021 mendatang atau semester genap. Dalam rangka pembelajaran pada masa pandemi ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat terus memantapkan persiapan terutama terkait penerapan protokol kesehatan.

“Kita siap untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka sebagaimana dipersyaratkan dalam surat edaran bersama empat menteri yang terbaru. Tentu kesiapan terus kita mantapkan,” kata Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, H. Sahril, S.Pd, Jumat, 4 Desember 2020.

Dijelaskannya, sebelumnya pihaknya sudah melaksanakan simulasi uji coba belajar tatap muka dalam tiga bulan ini. Atas dasar itu, kekurangan-kekurangan yang ada akan dibenahi. Guna memantapkan proses pembelajaran tatap muka secara keseluruhan pada masa pandemi di semester genap. Tentunya yang paling utama dipersiapkan adalah penerapan protokol kesehatan. Sehingga seluruh pihak sekolah termasuk orang tua harus memberikan perhatian serius terhadap proses pembelajaran. “Pertama yang perlu kita evaluasi adalah penerapan protokol kesehatan.  Hampir satu tahun kita berkutat dengan pandemi covid-19. Cukup banyak pelajaran-pelajaran yang kita pahami bersama dalam rangka pencegahan.  Penerapan protokol kesehatan sebagaimana dipersyaratkan oleh WHO itu paling utama.  Pandemi tidak boleh menyurutkan usaha kita untuk melanjutkan proses pembelajaran. Oleh karena itulah harus kita lawan dengan cara menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang dipersyaratkan.  Komitmen sekolah,  anak-anak,  orang tua,  kita semua untuk menerapkan protokol kesehatan. Agar proses pembelajaran tetap berlangsung menuju keadaan normal kembali,” pungkasnya.(ind)