Sumbawa Kurban 2.193 Hewan Tahun Ini

Proses pemeriksaan sampel darah dan daging hewan kurban di Sumbawa.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kabupaten Sumbawa melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 2.193 ekor pada Idul Adha 1442 H/ tahun 2021 ini. Hewan qurban tersebut telah dilakukan pemeriksaan, dan dinyatakan sehat atau layak disembelih.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi, S.Pt  menyebutkan, dari total 2.193 hewan qurban, rinciannya sapi 1.422 ekor, kerbau 98 ekor, kambing 670 ekor, dan domba 3 ekor. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. “Totalnya sebanyak   2.193 ekor. Menurun dari tahun kemarin. Kalau tahun kemarin totalnya sebanyak 2.611 ekor,” ujarnya kepada Suara NTB, Selasa, 20 Juli 2021.

Iklan

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini, pihaknya sudah menyebarkan  200 orang  petugas untuk melakukan pemeriksaan Ante Mortem  sebelum pemotongan. Khusus kecamatan wilayah kota seperti Kecamatan Sumbawa, Labuhan Badas, Unter Iwes,   pemeriksaan difokuskan di Kantor Disnakeswan. Sedangkan kecamatan lainnya pemeriksaan sampel darah di masing-masing poskeswan. “Pemotongan tidak semua hari ini. Ada yang dipotong besok dan ada yang lusa. Makanya sejak kemarin sampai tadi pagi, kami telah melakukan pemeriksaan sebelum pemotongan dengan pengambilan sampel darah. Hasil pemeriksaan dinyatakan sehat,” terangnya.

Setelah pemeriksaan ante mortem, pihaknya juga melakukan pemeriksaan post mortem setelah dipotong. Untuk pemeriksaan tersebut, petugas tetap hadir di lokasi untuk pemeriksaan organ dalam hewan kurban. “Sejak tadi pagi teman kami masih tersebar di semua titik penyembelihan. Mereka akan hadir di sana untuk melihat kondisi dagingnya. Diperiksa hati, limpa dan seterusnya. Karena kadang juga ada yang memang cacing hati, dan itu dibuang. Tapi berdasarkan laporan sementara, tadi tidak begitu banyak dijumpai yang cacing hati itu,” pungkasnya. (ind)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional