Sumbawa Kembali Rawat Satu Pasien Positif Corona

H. Didi Darsani. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Setelah sebelumnya semua pasien yang dirawat di Sumbawa dinyatakan sembuh, Kabupaten Sumbawa kembali merawat satu pasien positif Covid-19. Pasien dengan nomor 1270 tersebut berinisial Tn. M (49) laki-laki penduduk Desa Labuhan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas.

Adanya tambahan pasien positif ini, berdasarkan rilis Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si pada Kamis, 2 Juli 2020. Dalam rilis disampaikan pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit covid-19. Riwayat kontak dengan orang sakit covid-19 belum teridentifikasi. Saat ini dirawat di ruang isolasi RS HL Manambai Abdulkadir (RSMA) dengan kondisi baik.

Iklan

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani, A.Pt, Jumat, 3 Juli 2020, membenarkan adanya satu tambahan pasien positif tersebut. Pasien dengan diagnosa pneumoni ini sebelumnya dirujuk dari RSUD Sumbawa ke RS HL Manambai Abdulkadir. Setelah dilakukan pemeriksaan swab, terkonfirmasi positif covid-19. “Dia dirujuk dari RSUD ke RSMA tanggal 30 Juni. Diagnosa pneumoni. Saat ini dilakukan prawatan di ruang isolasi RSMA,” ujarnya, Jumat, 3 Juli 2020.

Saat ini, kata Didi, Dinas Kesehatan (Dikes) sedang melakukan penelusuran kontak. Termasuk menelusuri  riwayat kontak sumber penularan. “Yang bersangkutan  tidak memiliki riwayat perjalanan yang mengarah kepada didapatnya covid. Kemungkinan ada transmisi lokal. Masih ditelusuri dengan siapa kontak erat,” terangnya.

Dalam menyikapi new normal ini, lanjutnya, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protocol kesehatan covid. Dengan menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berkumpul dalam jumlah banyak dan lainnya.

“Memang kita kemarin fokus kepada klaster-klaster. Kalaster Gowa sudah selesai, Klaster Magetan sudah selesai. Tetapi kita juga tidak dapat menghindari transmisi lokal terjadi dari pelaku perjalanan. Makanya kita imbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional