Sumbawa Dapat Alokasi Tambahan Penerima PKH

Mirajuddin. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Alokasi penerima PKH di Sumbawa bertambah 4002 KK di tahun 2021 dari Kementerian Sosial. Sekarang ini masih dalam proses validasi data calon penerima PKH.

Sebagaimana disampaikan Kabid Linjamsus Dinas Sosial (Disos) Sumbawa kepada Suara NTB, Senin, 18 Januari 2021. Berdasarkan hasil pemuktahiran data terakhir, jumlah penerima PKH di Sumbawa sebanyak 21.148 KK. Mengingat pemuktahiran data dilakukan setiap tiga bulan sekali. Untuk Januari tahun ini, bantuannya telah disalurkan.

Iklan

Jumlah penerima tersebut, lanjut Mirajuddin, belum termasuk alokasi tambahan 4002 KK. Mengingat masih dalam verifikasi dan validasi data. “Untuk alokasi tambahan, kita belum tahu berapa pastinya jumlah KK yang lolos verifikasi. Masih dalam proses validasi hingga 5 Februari 2021. Pengajuan Maret sehingga diperkirakan penyaluran PKH untuk alokasi tambahan baru terealisasi April mendatang. Setelah itu, baru kita tahu pasti jumlah penerimanya,” terangnya.

Sementara untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) sedang dilakuan proses pemadanan data di Kemensos. Setelah ditemukan NIK penerima yang tidak padan dengan Dukcapil. Ada sebanyak 2.996 KPM yang NIK belum padan, sehingga penyaluran untuk mereka untuk bulan Januari ini ditunda sementara waktu. Dari total penerima BST di Sumbawa sebanyak 32.517 KPM. Seperti yang tertera dalam aplikasi. (arn) 

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional