Sukseskan NTB Expo 2018, Dompu Tampilkan Produk UKM Unggulan

Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, H. Rifaid bersama Wagub NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, di stan Diskop UKM Dompu. (Suara NTB/ula)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu melalui Dinas Koperasi UKM ikut menyukseskan kegiatan NTB Expo tahun 2018 yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Berbagai produk unggulan daerah ditampilkan pada stan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu dan mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

Usai membuka secara resmi kegiatan NTB Expo 2018 di Banyumulek Lombok Barat, Wakil Gubernur NTB langsung meninjau stan, termasuk stan milik Kabupaten Dompu yang diwakili oleh Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, Rabu (5/12) sore. Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, Drs. H. Rifaid, M.Pd bersama pelaku UKM dan jajarannya langsung menjelaskan berbagai produk unggulan yang ditampilkan ke ibu Wakil Gubernur NTB.

Iklan

Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah usai meninjau stan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu kepada Suara NTB menyampaikan apresiasinya atas berbagai produk yang ditampilkan. Namun ia mengingatkan untuk tidak cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai, tapi harus terus belajar dan berinovasi untuk lebih baik. “Intinya harus semakin maju, harus banyak belajar dari tempat – tempat lain agar lebih baik dan untuk terus menerus lebih baik. Intinya, sudah bagus kok,” tegasnya.

Pada pidato pembukaan NTB Expo 2018, Hj Sitti Rohmi Djalilah juga mengingatkan dalam mengembangkan dan membangun UMKM tidak bisa dengan cara biasa, tapi harus ada terobosan. “Kita harus betul – betul bisa memanfaatkan teknologi yang ada, sumber daya yang ada, harus inovasi, harus kreatif, harus betul – betul kita belajar dari tempat – tempat yang sungguh – sungguh UMKM-nya maju,” ingatnya.

Karena UMKM di NTB lanjutnya, masih terkendala pada kualitas produk, pemasaran dan akses. Ini semua kedepan memang dibutuhkan keseriusan dalam mengelola potensi yang dimiliki, sehingga bisa kembali pada posisi normal sebelum bencana gempa. “Kalau kita bisa pertahankan pada posisi (kerja dengan kecepatan) 100 km per jam, maka kita akan menjadi pemenangnya,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, Drs. H. Rifaid, M.Pd menyampaikan apresiasinya atas saran dan masukan dari Wakil Gubernur NTB untuk perbaikan dan kemajuan UKM di Kabupaten Dompu. Tentu berbagai kemajuan UKM yang telah dibina selama ini harus terus dibuatkan inovasi dan perbaikan, sehingga jauh lebih maju kedepannya.

Berbagai inovasi UKM saat ini mulai dipamerkan di stan milik Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu pada acara NTB Expo tahun 2018. Inovasi seperti dalam tenunan ngoli dengan memanfaatkan benang bekas, kini memiliki nilai kekhasan dan keindahan tersendiri. “Kain tenun ngoli khas ini merupakan hasil inovasi kita dari kegiatan bersama IKKON tahun 2018. Dia memiliki perbedaan tampilan dan arsitektur tersendiri dibandingkan tenun khas goli sebelumnya,” ungkapnya.

Pada kegiatan NTB Expo tahun 2018 ini, Kabupaten Dompu menampilkan berbagai produk unggulan daerah. Selain tenunan khas ngoli-nya dengan berbagai varian dan model, juga menampilkan produk UKM lain seperti madu, gula merah dari tebu, gula putih halus, mete, berbagai jenis olahan jagung dan kue kering, serta produk unggulan lainnya. (ula/*)