Sukses IWAPI Trade Fair 2021, UMKM Catatkan Transaksi Rp10 Miliar Lebih

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah membuka IWAPI Trade Fair (ITF) 2021 di atrium Lombok Epicentrum Mall (LEM).(Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar pameran produk UMKM atau IWAPI Trade Fair (ITF) 2021 dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

ITF 2021 diselenggarakan di atrium Lombok Epicentrum Mall (LEM) tanggal 2 dan 3 Oktober 2021 dengan protokol Covid-19 yang ketat. ITF 2021 juga dirangkai dengan kegiatan vaksinasi dan bagi bagi sembako. Selama dua hari penyelenggaraan, kegiatannya berjalan sukses menyedot perhatian pengunjung dan transaksi produk yang dipamerkan.

Iklan
Ketua Tim Penggerak PKK NTB, Hj. Niken Zulkieflimansyah berbicara dalam talk show di acara ITF 2021.(Suara NTB/bul)

Tahun 2021 ini tema yang diusung ITF adalah “Semangat Bela Beli Produk Sendiri dalam Pandemi Covid-19”. Dalam hal ini IWAPI ingin mengajak masyarakat untuk mendukung UMKM dengan membeli produk lokal.

Ketua pelaksana ITF 2021 sekaligus ketua DPC (Dewan Pengurus Cabang) Iwapi Kota Mataram, Onny Ekadana mengatakan, ada 70 tenant yang berpartisipasi dalam acara ini. Diantaranya 10 tenan PKK se-NTB, 10 DPC Iwapi se-NTB, para UMKM, pemerintah, BUMN, dan organisasi-organisasi dari seluruh NTB.

ITF 2021 selain merupakan program pemerintah di Kementerian Koperasi dan UMKM, tujuannya untuk menggairahkan kembali perekonomian UMKM NTB di saat pandemi Covid-19, mempromosikan produk-produk UMKM wanita se-NTB, meningkatkan penjualan dan brand usaha, serta menjalin kerja sama dan meningkatkan mutu dan kualitas dari produk UMKM.

“Dengan adanya pameran ini minat dan daya beli masyarakat akan produk dalam negeri khususnya produk lokal NTB meningkat,” ujar Onny.

Sementara itu, Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi NTB Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi SH, juga mengajak masyarakat dan organisasi terkait untuk juga memerhatikan produk dari kelompok disabilitas yang berpotensi untuk dikembangkan.

“Kita bersama-sama memperjuangkan dan mempromosikan hasil UMKM kita, terlebih hasil produk teman teman dari penyandang disabilitas” ujarnya.

Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UMKM, Siti Azizah menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud aktif IWAPI untuk mendorong kaum wanita di UMKM.

Ia juga menyampaikan Indonesia di masa mendatang akan mengalami ledakan demografis di usia produktif. Namun dengan terbatasnya lapangan pekerjaan, hal ini mendorong generasi Z atau post gen Z untuk menjadi wirausaha muda.

“Oleh karena itu entrepreneur yang profesional dan mampu bersaing di pasar global perlu kita persiapkan secara holistik dan komprehensif. Pemanfaatan teknologi menjadi sangat krusial dan dapat mengoptimalkan proses bisnis,” ujarnya.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat membuka ITF 2021 memberikan apresiasi dan berharap gelaran ITF 2021 ini dapat menjadi momen agar UMKM dapat kembali bangkit pasca pandemi.

“Saya sangat bangga dengan IWAPI semoga kita bisa berkolaborasi dengan semua organisasi-organisasi wanita yang ada,” ucapnya.

Karena menurutnya, selain pemanfaatan teknologi bagi pengusaha, yang terpenting lainnya adalah sinergi dan kolaborasi. Rangkaian acara ITF 2021 antara lain exhibition, talkshow, craft & culinary, ethnic performance, workshop, competition, dan fashion. Pada tahun ini buat acara yang lebih menarik dengan mengadakan beberapa lomba untuk para milenial, sehingga diharapkan kaum milenial bisa menyukai dan menggunakan produk-produk lokal.

Selama dua hari penyelenggaraan, total transaksi yang diraup mencapai Rp10.056.188.500. Terdiri dari transaksi produk kerajinan dan busana Rp260.834.000 dan kuliner Rp80.354.500. serta developer dan perbankan transaksinya terbesar mecapai Rp9.715.000.000.

Panitia sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas segala keterbatasan selama penyelenggaraan ITF 2021. Serta apresiasi kepada seluruh stakeholders yang mendukung dan menyukseskan event tahunan ini. (bul)

Galeri Foto IWAPI Trade Fair (ITF) 2021.

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional