“Suara NTB” Raih Juara Terbaik Konten Berita Kepariwisataan

Wartawan Suara NTB, Yoni Ariadi, menerima penghargaan karya jurnalistik kepariwisataan konten berita terbaik yang diberikan langsung oleh Sekda Lotim, Drs. H. M. Juaini Taofik.,MAP, akhir pekan lalu. (Ekbis NTB/Dispar Lotim)

Harian Umum Suara NTB berhasil menoreh prestasi gemilang dalam ajang lomba karya jurnalistik. Kali ini, perusahaan media ternama di NTB ini keluar menjadi pemenang Katagori Media Cetak dalam Sayembara Karya Jurnalistik Kepariwisataan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Timur (Lotim).

Suara NTB keluar menjadi juara terbaik dalam penyajian konten berita dengan judul “Bupati Lotim Tawarkan Naik ke Rinjani Pakai Helikopter” yang ditulis oleh Wartawan Suara NTB Biro Lotim, Yoni Ariadi, sekaligus menerima piagam penghargaan juara. Penganugerahaan pemenang karya jurnalistik kepariwisataan ini diberikan langsung oleh, Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, Drs. H. M. Juaini Taofik.,MAP bertempat di Kava Coffee Shop, Selong, Jumat, 23 Oktober 2020.

Iklan

Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi atas dukungan insan pers  yang turut aktif mempromosikan pariwisata di Lotim. Terlebih Kabupaten Lotim menjadi penyangga dalam gelaran MotoGP yang rencananya akan diselenggarakan di Lombok pada tahun 2021 mendatang.

Pada kesempatan ini, Kadispar Lotim, Dr. H. Mugni, M.Pd, menyoroti peran pers dalam mendongkrak perkembangan pariwisata. Karena baik atau buruknya pemberitaan di media massa dapat mempengaruhi tingkat kunjungan ke daerah.

Ia pun berharap kepada awak media untuk memberitakan hal-hal positif demi kemajuan pariwisata Lotim. “Dalam pariwisata itu beritanya harus bagus. Jangan berita yang jelek. Good news is a good news,”kata dia.

Sementara itu, Sekda Lotim, Drs. H. M Juaini Taofik mengapresiasi penuh sayembara karya jurnalistik yang digelar oleh Dispar yang bekerjasama dengan FJLT serta menyampaikan terima kasih atas kerjasama semua pihak dalam penyelenggaraan sayembara ini.

Ia meyakini dengan masifnya pemberitaan positif tentang pariwisata dapat mengangkat nama Pulau Lombok ke kancah internasional. “Saya berterima kasih atas kerjasama semua pihak atas terselenggaranya festival ini. Saya yakin semua itu bisa mengangkat Bumi Selaparang ke kancah internasional,”ucapnya.

Menurutnya, sangat penting untuk gencar memberitakan pariwisata Lombok melalui media massa. Disadarinya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal Pulau Lombok. “Penting kita promosikan Lombok ini karena masih ada saudara kita di nasional yang belum mengenal daerah kita,”ungkapnya.

Ketua Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT), Rusliadi,SHI, menjelaskan, sayembara jurnalistik kepariwisataan ini diinisiasi sebagai bentuk dukungan pengembangan wisata Lotim. Diharapkan melalui pemberitaan dapat meningkatkan kunjungan ke Lotim pada khususnya dan Provinsi NTB umumnya.

Iapun berharap agar event sejenis dapat digelar kembali pada tahun-tahun berikutnya dan tidak terpaku pada sektor pariwisata semata. Langkah ini penting dilakukan sebagai wadah publikasi pembangunan di Lotim dapat lebih masif.

“Kita berharap OPD lain juga dapat menggelar sayembara serupa yang bekerjasama dengan FJLT. Semangatnya tentu saja mengangkat potensi Lotim di segala bidang,”harapnya.

Pada kesempatan ini, penganugerahan sayembara karya Jurnalistik Kepariwisataan 2020 dibagi dalam lima katagori di antaranya katagori media cetak, media online, televisi, dan radio. (yon)