Stok Vaksin Kosong, Lobar Pesimis Capai Target Pusat

Warga di Bengkel Kecamatan Labuapi membeludak ikut vaksinasi. Tapi sayang dosis vaksin kosong, sehingga Pemda Lobar mengaku sulit memenuhi target pemerintah pusat. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) untuk saat ini pesimis bisa mencapai target pusat 50-70 persen warga masyarakat dari target 530 ribu bisa divaksin pada bulan depan. Hal ini ini bukan tanpa dasar. Pasalnya, saat ini kondisi stok vaksin kosong di Dinas Kesehatan. Bahkan ketersediaan vaksin yang ada di puskesmas banyak yang sudah kosong.

“Di Dikes kosong (stok vaksin), rata-rata habis besok Rabu untuk di puskesmas. Tapi banyak puskesmas sudah kosong,” kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dikes Lobar dr. H. Ahmad Taufiq Fathoni, Selasa, 21 September 2021.

Iklan

Untuk pasokan vaksin, dirinya belum tahu, karena kewenangan pusat. Hanya saja kondisi vaksin saat ini diakui tak sejalan dengan target pusat agar 50-70 persen dari target 530 sudah tervaksin bulan depan. “Pusat targetkan segera 50-70 persen, tapi saat ini kami tidak optimis karena saat ini saja vaksin kosong,” akunya sembari berharap seharusnya dosis vaksin dipasok oleh pusat untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi ini.

Apalagi, kata dia, dalam sehari dilakukan vaksinasi bisa mencapai 2 – 3 ribu jika vaksin selalu tersedia. Karena rata-rata satu lokasi vaksinasi membeludak, sehingga dosis yang disiapkan 300, namun warga yang datang lebih dari 500 orang. Di sinilah letak kesulitan nantinya memberi kesadaran lagi ke warga yang sudah antusias vaksinasi, namun vaksin kosong. Ia menyebut progres vaksinasi sejauh ini untuk dosis 1 96.576 jiwa atau 17,7 persen. Dosis 2 sebanyak 45.852 jiwa, sehingga totalnya mencapai 142.428 jiwa. Sedangkan untuk dosis ketiga bagi tenaga kesehatan sebanyak 1.566 orang.

Sementara itu, Sekda Lobar Dr. H. Baehaqi mengatakan Lobar diwajibkan memberikan vaksinasi kepada 530 ribu warga Lobar, target ini harus tercapai hingga awal bulan Oktober mendatang atau dengan kata lain Lobar masih ada waktu kurang lebih 1 bulan lagi untuk menuntaskan vaksinasi di Kabupaten Lobar.

Dari hasil rapat koordinasi dengan Pemprov NTB, terkait dengan percepatan vaksin di Lobar, Sekda mengatakan target capaian vaksin di Kabupaten Lobar  harus 70 persen dari target vaksinasi yang sudah ditetapkan sebanyak 530 ribu warga Lobar.” Dari 530.174 warga yang harus divaksin, saat ini sudah mencapai  130 ribu lebih warga masyarakat Lombok Barat untuk sudah divaksin,” katanya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional