Stok Pangan KSB Aman Hingga Akhir Tahun

Ilustrasi stok beras. (Suara NTB/dok)

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengklaim ketersediaan pangan khususnya beras masih mampu bertahan hingga akhir tahun 2020. Bahkan cadangan beras di gudang saat ini mencapai angka 24 ton dan siap disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Kepala DKP KSB, Ir. H. Alimin M.Si, kepada  Suara NTB, Rabu, 13 Mei 2020 mengatakan, khusus untuk kebutuhan beras sampai dengan saat ini belum ada keluhan. Hal tersebut terjadi, karena masyarakat sudah memiliki cadangan pangan sendiri. Bahkan cadangan beras yang sudah disiapkan oleh Pemerintah juga siap dikeluarkan jika kondisinya dinyatakan darurat. Hanya saja yang menjadi kekhawatiran saat ini yakni ketersediaan kebutuhan jenis holtikultura dan telur.

Iklan

Hal itu terjadi lantaran KSB masih sangat bergantung dengan daerah lainnya terutama dari pulau Lombok. Meski demikian pihak terkait mengaku sudah menurunkan tim untuk memantau kondisi ketersediaan pangan yang ada di masyarakat.Hasil pemantauan ini nantinya Pemkab bisa menyikapi kemungkinan yang akan terjadi terutama dampak dari wabah covid-19. Sehingga antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan baik itu kerawanan pangan maupun hal lain bisa disiapkan. “Kondisi ketersediaan pangan kita masih aman sampai akhir tahun mendatang,” ungkapnya.

Selain di gudang cadangan daerah, di gudang bulog saat ini tersedia 100 ton. Jadi tidak perlu dikhawatirkan jika kondisi terjadi bencana baik itu kekeringan maupun masalah lainnya.

Meski demikian, dalam waktu dekat pihaknya juga berencana untuk melakukan rapat kordinasi bersama dengan Dinas  Pertanian (Distan) sebagai leading sektor terkait untuk menyiapkan langkah strategis ketika terjadi bencana. Langkah lain yang akan ditempuh pemerintah yakni dengan membatasi pengiriman gabah keluar daerah sehingga tidak terjadi kekosongan.

“Stok pangan kita di gudang cadangan pangan masih aman jadi tidak perlu khawatir. Kami juga mengimbau kepada seluruh kepala desa untuk bisa melapor ke dinas jika kondisi pangannya ada yang terganggu untuk kita sikapi,” pungkasnya. (ils)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional