Stok Pangan Dompu Aman Hingga Setahun

Ilustrasi Pangan

Dompu (Suara NTB) – Ketersediaan bahan pangan khususnya beras, daging dan ikan laut untuk kebutuhan dalam daerah di Kabupaten Dompu masih aman di tengah penyebaran virus Corona. Bahkan stok beras, cukup untuk kebutuhan setahun.

Hal itu disampaikan kepala bagian Ekonomi dan SDM Setda Dompu, Soekarno, ST, MT kepada Suara NTB, Minggu, 29 Maret 2020. “Beras dan kacang kedelai termasuk komoditi yang sudah aman saat ini. Termasuk ikan dan daging, stok kita masih aman,” kata Soekarno.

Iklan

Menurutnya, berdasarkan data Bulog dengan pengeluaran beras perbulan 150 ton di Kabupaten Dompu dengan cadangan yang dimiliki masih cukup untuk 8-9 bulan kedepan. Masyarakat juga memiliki cadangan beras masing-masing yang disimpang di gudang kelompok tani, dan gudang rumah tangga. Data itu belum termasuk padi yang akan memasuki puncak masa panen pada April-Mei 2020 ini, sehingga akan menambah stok pangan di masyarakat.

“Dengan kondisi ini, stok pangan kita masih aman. Harga di pasaran pun masih di bawah standar, artinya belum melampui HET beras. Itu artinya belum ada masalah dengan ketersediaan beras,” ungkapnya.

Soekarno mengaku, ada beberapa produk pangan di Dompu sangar bergantung dari luar seperti tepung terigu, gula, susu, minyak goreng, termasuk telur. Telur sudah mulai diproduksi di Dompu, tapi hannya mampu menyuplai 2 persen kebutuhan pasar. “Ada ketergantungan yang sangat tinggi untuk penyerapan dari luar,” ungkapnya.

Sementara saat ini, masing-masing daerahsedang mengamankan kebutuhan pangan di tengah pandemi Covid 19 di Indonesia. Membangun kerjasama antar pemda agar aspek kebutuhan masyarakat, utamanya sembako bisa dipenuhi tetap dipenuhi saat kondisi terburuk. (ula)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional