STIP NTB Genjot Wirausaha Baru Bidang Industri Olahan dan Permesinan

Kerjasama kemitraan antara STIP dengan mitra dari Malaysia dan pengusaha sukses NTB di Banyumulek, Senin, 17 Februari 2020. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Science Technology Industrial Park (STIP) Provinsi NTB di Banyumulek menjadikan penciptaan wirausaha baru (WUB) di bidang industri olahan dan permesinan sebagai prioritas. Pencetakan WUB melalui program inkubasi bisnis ini,  pihak STIP menjalin mitra dengan pengusaha dan perusahaan baik dalam maupun luar negeri. STIP bermitra dengan puluhan pengusaha sukses NTB dan beberapa perusahaan dari Malaysia.

Pola inkubasi bisnis yang dikembangkan dengan cara menciptakan susasana atau iklim berwirausaha. Untuk menciptakan iklim usaha ini, pihak STIP membawa banyak pelaku usaha untuk berdiskusi, berkegiatan dan networking serta sekolah wirausaha di STIP.  ‘’Selain dibekali di STIP, pelaku usaha juga dibantu pemasaran. Setelah mereka mampu berdaya sendiri barulah mereka keluar untuk terjun di dunia usaha,’’ jelas Kepala UPTD STIP NTB Khaerul Ikhwan, MT., di sela-sela kegiatan Kerjasama Kemitraan Program Inkubasi Bisnis UPTD STIP dan temu IKM Sukses di Banyumulek, Senin, 17 Februari 2020.

Iklan

Dijelaskan 20 IKM sukses ini diidentifikasi dari puluhan calon pengusaha di NTB. Mereka sudah membuktikan diri sukses dalam berbisnis dan berusaha melalui berbagai kendala yang dihadapi. Puluhan IKM ini pun berkegiatan antar-IKM di STIP, termasuk kolaborasi dengan pihak dari Malaysia.  Mereka bisa menjalin jaringan untuk bisnisnya.  Pola inilah yang dilakukan untuk menciptakan pengusaha IKM olahan dan permesinan.

Tahun ini, kata dia, ada 50 orang yang akan disiapkan menjadi pengusaha. Sementara tahun lalu ada 20 orang. Nantinya, mereka akan mengikuti sekolah kewirausahaan selama satu tahun di STIP dan satu tahun difasilitasi berbisnis. “Mereka kami fasilitasi tempat, mesinnya,” jelas dia. (her)