STIE AMM Mataram Gelar Upacara Wisuda

0
Ketua STIE AMM Mataram, H. Umar Said (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMM Mataram menggelar upacara wisuda ke-47 Program Pendidikan Diploma Tiga (D3) dan wisuda ke-14 Program Pendidikan Sarjana (S1), di Hotel Grand Legi Mataram, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Ketua STIE AMM Mataram, Dr. H. Umar Said, SH., MM., menyampaikan, pada wisuda kali ini, STIE AMM Mataram mewisuda sebanyak 229 mahasiswa yang terdiri dari program S1 Manajemen sebanyak 99 orang, program S1 Akuntansi sebanyak 100 orang, program D3 Keuangan dan Perbankan sebanyak 18 orang, dan Program D3 Akuntansi sebanyak 12 orang. Wisuda kali ini diadakan dua sesi dalam satu hari.

IKLAN

“Wisuda merupakan suatu acara rutin di kalangan perguruan tinggi ketika melepaskan lulusannya, yang dilaksanakan melalui upacara dalam bentuk wisuda. Wisuda seperti ini senantiasa didambakan dan selalu menimbulkan kesan tersendiri bagi mahasiswa dan keluarga masing-masing,” ujarnya.

Umar mengatakan, wisuda kali ini lain daripada biasanya, tapi harus diingat bahwa tidak selalu terikat dengan acara seremonial yang harus dibanggakan. “Namun marilah kita mengambil hikmah atas kondisi yang kita alami ini,” katanya.

Atas nama civitas akademika, Umar mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya dalam menyelesaikan studi di STIE AMM Mataram. Kepada orang tua dan keluarga wisudawan di manapun berada, ia turut bersyukur, berbahagia, dan mengucapkan selamat atas keberhasilan anggota keluarga menempuh studi di STIE AMM.

Di samping itu, tak kalah pentingnya ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh staf pengajar dan staf non akademik STIE AMM Mataram atas kerja keras dan kerjasamanya dalam melaksanakan tugas bersama-sama mendidik mahasiswa, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya.

Umar mengatakan, pihaknya telah melakukan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik, agar para peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri mereka untuk memiliki pengetahuan, serta keterampilan yang diperlukan bagi bangsa, negara, dan masyarakat NTB pada khususnya.

Upaya-upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan STIE AMM Mataram telah dilakukan melalui kegiatan antara lain meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan seperti mencukupkan koleksi perpustakaan, peningkatan kualitas tempat belajar praktikum. “Kami membangun lahan parkir, di sisi lain juga terdapat penambahan jumlah tempat praktik usaha (inkubator bisnis), ruang untuk peningkatan soft skill mahasiswa dan ruang serba guna untuk kegiatan ilmiah lainnya seperti: seminar, workshop/lokakarya, diskusi, dan lain sebagainya,” jelasnya.

STIE AMM juga meningkatkan ketersediaan sistem informasi yang digunakan dalam proses pembelajaran dan mengakses data dan informasi dalam bentuk bandwidth dengan rasio bandwidth per mahasiswa yang memadai, hardware, software, e-learning, dan on-line journal/library. Pengembangan sistem informasi untuk administrasi akademik dan non akademik yang mencakup hardware dan software.

STIE AMM Mataram meningkatkan keterampilan calon lulusan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Keterampilan yang dimaksud adalah yang tercakup di dalam kegiatan Ko-Korikuler yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa STIE AMM Mataram, melalui lembaga yang telah dibentuk yang terdiri dari Lembaga Pusat Karir (LPK) dan Pengembangan Pusat Kewirausahaan dan Produktifitas Nasional (P2KPN) terdiri dari 4 unit pusat kegiatan yaitu Unit Pusat Kewirausahaan,  Unit Pusat Karir, Unit Tax Center bekerjasama dengan Kanwil Ditjen Pajak Nusa  Tenggara, Unit English Speaking zone. (ron)