Spanduk Bacagub Hiasi PJU di Mataram

Mataram (Suara NTB) – Para tim sukses salah satu bakal calon gubernur tak kehabisan akal menampilkan sosok pemimpin yang mereka akan dipilih pada Pilkada 2018 mendatang. Spanduk serta baliho tidak saja di pasang di taman dan papan reklame. Tiang penerangan jalan umum (PJU) pun tak luput.

Seperti di sepanjang Jalan Pejanggik Kota Mataram. Spanduk salah satu bakal calon gubernur terpasang di 30 titik PJU. Ukuran spanduk itu sekitar 20 – 30 meter yang diikat di besi bawah lampu.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Kota Mataram, H.M. Kemal Islam tak mempermasalahkan hal itu sepanjang pihak ketiga memiliki perizinan dan telah membayar sewa tempat.

Ia mengaku, cara seperti itu sejak satu tahun telah diterapkan sepanjang tidak mengganggu nilai estetika. “Ini sudah lama kita terapkan,” kata Kemal, Senin, 28 Agustus 2017.

Pihak ketiga menggunakan PJU sebagai tempat memasang baliho atau spanduk sistemnya sewa tempat. Kemal tidak mengetahui besaran sewanya karena kewenangan itu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Badan Keuangan Daerah.

Ia menyebutkan, ada 30 titik foto bacagub di pasang di Jalan Pejanggik. Disatu sisi, ada juga meminta memasang di Jalan Bung Hatta tapi tidak diberikan.

“Ini ide dari kami memanfaatkan itu supaya tidak pasang sembarangan. Pola itu baru pertama di Mataram. Kita melihat lebih praktis daripada masang di tempat lain,” kata dia.

Ia memastikan, spanduk itu tidak akan mengganggu operasional PJU. Sebab, posisinya berada di bawah lampu. (cem)