Sosialisasi Perda NTB No.7/2020, Perwosi Ajak Masyarakat Kota Mataram Terapkan 3M

Ketua Perwosi Kota Mataram, Hj. Kinnastri Roliskana memakaikan masker secara simbolis kepada masyarakat di salah satu lingkungan di Kota Mataram. Dalam rangka sosialisasi Perda NTB No. 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular, Perwosi juga membagikan masker kepada masyarakat.(Suara NTB/fit)

Mataram (Suara NTB) – Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) NTB kembali menggandeng Perwosi Kota Mataram melakukan sosialisasi Perda NTB Nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular. Sosialisasi dilakukan di lingkungan-lingkungan yang ada di Kota Mataram. Minggu, 18 Oktober 2020, sosialisasi Perda Nomor 7 tahun 2020 dilakukan Perwosi di lingkungan Bumi Pagutan Permai Kelurahan Pagutan Barat Mataram.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Perwosi Kota Mataram Hj. Kinnastri Roliskana didampingi perwakilan dari Perwosi NTB, menjelaskan beberapa hal tentang Perda Nomor 7 terutama yang berkaitan dengan pencegahan Covid19 di masa Pandemi. Salah satunya penggunaan masker. Dijelaskan Kinnastri,  saat ini menggunakan masker ke luar rumah sudah merupakan hal wajib yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

Iklan

Kikin, demikian istri Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana ini menegaskan, Perda Nomor 7 ini menerapkan denda ataupun sanksi bila ada warga yang tidak menggunakan masker saat ke luar rumah. “Bahkan untuk Aparatur Sipil Negara penerapan dendanya lebih berat. Karena selaku ASN sudah sepantasnya menjadi contoh bagi masyarakat dan mematuhi selalu aturan dari provinsi,” ujarnya.

Kikin juga mengingatkan bila dalam penanganan penyakit Demam Berdarah ada istilah 3 M, maka dalam masa pandemi ini sebagai upaya penanggulangan penyebaran Covid-19, masyarakat harus menerapkan 3 M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau social distancing. Oleh karena itu, Kikin mengajak masyarakat Kota Mataram agar terus menerapkan 3M dalam kesehariannya. Selain itu warga juga diimbau untuk tetap menjaga imunitas tubuh salah satunya dengan berolahraga.

Sosialisasi Perda Penanggulangan Penyakit Menular ini diisi dengan penyerahan masker, olahraga bersama serta kuis bagi warga yang hadir sekaligus mempraktikkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar. “Jadikan 3 M dan olahraga rutin sebagai salah satu ikhtiar sehingga kita bisa terhindar dari Covid19,’’ demikian Kikin. (fit)