Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba

Duta narkoba mensosialisasikan Penanggulangan Wabah Covid-19, Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba  serta membagikan masker gratis kepada masyarakat.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Wabah Covid-19, Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba  serta pembagian masker gratis merupakan kerjasama  BNNP NTB dengan  Pemprov NTB melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang memberikan bantuan Masker sebanyak 2.000 pcs. Kegiatan sosialisasi ini, menggandeng Duta Anti Narkoba dari Paguyuban Putri Mandalika tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di dua lokasi. Masing-masing di pintu masuk Pasar Pagesangan Kota Mataram dan Pintu Masuk Kota Praya Kabupaten Lombok Tengah yang secara resmi dilepas oleh Kepala BNNP NTB, Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, SH., M.Si.

Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat tetap disiplin menjalakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta mengikuti anjuran pemerintah untuk selalu memakai masker sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid 19 dan mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Sasaran yang diedukasi dan diberi bantuan masker gratis adalah masyarakat yang beraktivitas di sekitar Pasar Pagesangan yang sampai saat ini masih aktif beroperasi di tengah wabah covid 19. Kegiatan  dipimpin oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP NTB, Drs. H. Nur Rachmat, Apt.

Kegiatan sosial yang sama juga dilaksanakan di pintu masuk Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Jalan Gajah Mada Praya dengan menyasar masyarakat pengguna jalur lalu lintas masuk dan keluar Kota Praya Lombok Tengah.

Berdasarkan informasi dari Pemprov NTB, di masa pandemi ini masker efektif mengurangi risiko penyebaran covid-19 hingga 70%. Oleh karena itu para Terune Dedare dan Putri Mandalika sebagai Duta Anti Narkoba mengedukasi dan membagikan masker kepada masyarakat.

Koordinator kegiatan Tony Tastura mengatakan selain membagikan masker, Duta Anti Narkoba juga mensosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat. ‘’Tidak hanya saat ini, di masa pandemi ini para duta juga aktif kampanye anti narkoba, membuat video pendek lalu dishare melalui media sosial masing-masing, ini adalah salah satu partisipasi kami dalam mewujudkan NTB, gemilang bersih dari narkoba,” tegas Tony. (*)