Sopir Truk Pasar Bertais Dipalak Uang Keamanan

Kasatreskrim Polresta Mataram Kadek Adi Budi Astawa (kanan) Kamis (17/6) petang menginterogasi pelaku pungutan uang keamanan sopir truk kawasan Terminal Mandalika-Pasar Bertais, Sandubaya, Mataram. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Premanisme di kawasan Terminal Mandalika dan Pasar Bertais, Sandubaya, Mataram terungkap lagi. Kali ini, modusnya pemalakan kepada sopir truk. Tiap satu truk diminta menyetor Rp10 ribu. Dalihnya sebagai uang keamanan. “Dia pakai karcis. Tapi bukan yang dikeluarkan pemerintah. Itu dari organisasi masyarakat,” ungkap Kasatreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa Jumat, 18 Juni 2021 kemarin.

Pelaku pemalakan berinisial SA diamankan Kamis, 17  Juni 2021petang di kawasan Pasar Bertais. Saat itu, SA sedang menarik pungutan kepada sopir truk. Uang yang diambil memang Rp10 ribu. Tapi bukan hanya satu sopir yang dimintai uang. Kadek Adi menjelaskan, pungutan uang keamanan kepada sopir-sopir ini berlaku bagi mereka yang masuk kawasan pasar dan terminal. Diantaranya truk asal dan jurusan pulau Jawa, NTT, dan Sumbawa. “Alasannya untuk keamanan,” ujarnya.

Iklan

Sementara pelaku SA, dalam beraksi membawa satu bundel karcis. Isinya 100 lembar. SA membeli karcis itu kepada Forum Bertais Rembuk (FBR). “Satu bundel itu dibeli Rp100 ribu. Selembarnya ditarik Rp10 ribu,” imbuh Kadek Adi. Indikasi pidana menurut pasal 368 KUHP tentang pemerasan sedang didalami. Kasus ini masih dalam penyelidikan. Upaya lainnya dengan memberi garis polisi markas FBR sebagai pertanda sedang dalam penanganan kasus.

Pelaku SA mengaku dirinya bergerak berdasarkan area operasi. Dibagi-bagi dengan beberapa kawannya yang lain yang juga punya karcis untuk menarik pungutan. “Pakai karcis supaya aman,” bebernya. Pemilik truk, Nengah mengutarakan penarikan pungutan ini sudah terjadi bertahun lamanya. Tidak heran makin hari makin meresahkan. “Sopir belum turunkan barang sudah digedor dimintai uang. Kasihan mereka,” tegasnya. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional