Soal untuk PAS Kelas Akhir Dibuat Sekolah

Syarafudin (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Penilaian Akhir Semester (PAS) genap bagi siswa kelas IX SMP di Kota Mataram akan mulai dilaksanakan pada Senin, 8 Maret 2021. Soal untuk PAS dibuat oleh sekolah. Pelaksanaan PAS menjadi penting karena bagian dari penentu kelulusan siswa.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Mataram, Syarafudin menjelaskan, sesuai Surat Edaran (SE) Mendikbud nomor 1 tahun 2021 peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan, serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid-19, bahwa salah satu poin siswa dinyatakan lulus harus menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Iklan

Oleh karena itu, PAS genap ini sesuai dengan materi semester genap ini. Soal PAS dibuat oleh guru di sekolah masing-masing dan materinya diatur oleh sekolah. “Materi sampai semester genap ini yang dibuat oleh guru di sekolah diujikan di semester genap,” ujar Syarafudin pada Selasa, 2 Maret 2021.

Ia menjelaskan, PAS bagi siswa kelas akhir bisa dilaksanakan secara tatap muka atau dalam bentuk penugasan. PAS secara tatap muka bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kota Mataram bahwa hanya siswa kelas akhir yang diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

Di samping itu, Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi siswa kelas VII dan VIII juga dilaksanakan pada Senin, 8 Maret 2021. Namun untuk PTS siswa kelas VII dan VIII hanya boleh secara jarak jauh, baik daring atau luring. “PTS dan PAS tanggal 8 Maret, bisa maju bisa mundur, dalam rentang waktu itu, bisa minggu ini atau minggu depan sesuai kondisi sekolah,” ujar Syarafudin.

Selain itu, dalam surat edaran Kemendikbud itu disebutkan bahwa ujian akhir semester atau PAS untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes secara luring atau daring, dan bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Tidak hanya itu, ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh. (ron)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional